Tiba di LAM, Syamsuar Diminta Dorong Keterlibatan Riau Mengelola Blok Rokan

tepung-tawar.jpg
(Azhar)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pasangan gubernur dan Wakil Gubernur Riau diminta untuk melanjutkan perjuanangan pemimpin sebelumnya mendorong keterlibatan Riau mengelola Blok Rokan.

"Semoga dengan hadirnya Syamsuar-Edy Natar Nasution dapat mewujudkan harapan masyarakat mengenai Blok Rokan sebagaimana dijanjikan oleh Presiden RI yang kini dikelola oleh Pertamina," sebut Ketua umum Dewan Pengurus Harian LAM Riau, Syahril Abu Bakar, Kamis, 21 Februari 2019.

Seperti kuota tenaga kerja lokal, royalti, saham, dan lainnya pasca keputusan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menunjuk Pertamina yang menggantikan Chevron pada Selasa, 31 Juli 2018 silam.

Syamsuar diminta membantu menuntut hak yang selama ini tidak pernah diberikan oleh Pemerintah Pusat.

"kami berharap perhatian dari pemimpin Riau yang baru untuk membackup dan kami yakin mereka akan memberikan perhatian yang besar soal ini," imbuhnya.

Blok Rokan disebut akan memenuhi sebesar 60 persen kebutuhan minyak dan migas pada tahun 2021 mendatang setelah 50 tahun dikelola oleh Chevron.

Selain itu, pasangan ini juga diminta agar mampu mengawal keberlangsungan tanah ulayat diiringi dengan penataan ulang kembali perkebunan kelapa sawit lewat Impres yang telah dikeluarkan.

Usai menyampaikan harapannya, LAM Riau kemudian melanjutkan upacara tepuk tepung tawar kepada ke-dua pasangan Gubernur Riau yang baru dilantik ini.