Aktual, Independen dan Terpercaya


Tiket Pesawat Mahal, 3 Perusahaan Jasa Pengiriman di Pekanbaru Gulung Tikar

Asosiasi-Jasa-Pengiriman-Riau-Demo-di-Purna-MTQ.jpg
(Azhar Saputra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Imbas dari tingginya harga tiket pesawat berimbas juga pada usaha jasa pengiriman. Sebagai bentuk protes, puluhan anggota Asosiasi Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik Indonesia (Asperindo) Riau menggelar aksi unjuk rasa di depan Purna MTQ Pekanbaru, Rabu 13 Februari 2019.

Ketua Asperindo Wilayah Riau, Yandri Sandy Lubis mengatakan, lonjakan harga tiket tersebut telah berimbas kepada naiknya harga Surat Muatan Udara (SMU) hingga 300 persen.

Misalnya, untuk tarif SMU dari Pekanbaru ke Jakarta yang biasanya dihargai Rp 2.750/Kg naik jadi Rp 9.100/kg.

"Akibat tingginya harga pesawat, harga SMU kami juga ikut-ikutan naik. Bahkan mencapai 300 persen," sebutnya di lapangan MTQ, Rabu, 13 Februari 2019. Tambahnya, kenaikan tersebut berakibat hilangnya pendapatan mereka.

Dampak ini sangat terasa. Buktinya beberapa perusahaan rekanan sejenis sudah ada yang gulung tikar, akibat anjloknya pendapatan dari pengiriman barang hingga setengahnya.

"Tiga perusahaan rekanan kami terpaksa menghentikan sementara operasionalnya. Sebentar lagi juga akan ada dua perusahaan lagi yang akan menyusul menghentikan operasinya. Alasannya tutup sementara karena sudah berkurangnya pendapatan mereka. Sedangkan operasional, gaji karyawan juga harus tetap jalan,"imbuhnya.

Sementara untuk jumlahnya, perusahaan ekspedisi yang di Riau berjumlah 45 perusahaan yang tergabung dalam Asperindo. Semuanya mengeluhkan dan merasakan imbas dari kenaikan harga ini.

"Jadi, Tinjau kembali lah lonjakan tarif angkutan udara ini. Tidak hanya kami. Dampak juga dirasakan oleh banyak pihak yang ada di Riau," jelasnya.

Ucapan Yandri tadi dibenarkan oleh salah satu pemilik toko busana online di tempat yang berbeda, Dimas yang banyak kehilangan keuntungan semenjak meroketnya harga jasa angkutan udara.

"Kami jadi terpaksa menaikkan harga barang dagangan. Kalau seperti ini pengusaha kecil seperti kami bisa ikut-ikut gulung tikar juga," keluhnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id