Meranti Ingin Keberangkatan Jemaah Haji Tetap Melalui Batam

Irwan-Nasir.jpg
(internet)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menginginkan Jemaah Calon Haji (JCH) asal Meranti tetap diberangkatkan lewat embarkasi haji Batam, meski Provinsi Riau sudah memiliki embarkasi haji sendiri, di Pekanbaru.

Bupati Meranti, Irwan Nasir mengaku telah menyurati Kementerian Agama untuk meminta pemberangkatan JCH meranti tetap melalui embarkasi Batam

"Kami mohon meminta kepada Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah untuk mengecualikan jamaah asal Kepulauan Meranti dalam penggunaan embarkasi antara Riau," katanya, Rabu, 13 Februari 2019.

alasannya jarak antar Kabupaten Meranti ke Batam cenderung lebih dekat ketimbang ke Pekanbaru, keberangkatan JCH lewat Batam dinilai jauh lebih efektif karena ongkos perjalanan lebih murah.

Pemkab Meranti mendukung penuh keberadaan Embarkasi Haji Di Pekanbaru. Namun memberikan usulan sebaiknya embarkasi haji di Pekanbaru digunakan untuk keberangkatan JCH Riau daratan, sedangkan untuk wilayah Riau Pesisir, keberangkatan tetap melalui embarkasi Batam.

Asisten I Bidang Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setdaprov Riau, Ahmad Syah Haroffie tidak mempersoalkan apa yang menjadi keinginan masyarakat Meranti tersebut. Asalkan tidak mengacaukan 11 Kabupaten, Kota yang ingin mempergunakan embarkasi pada tahun ini.

"Bagi kami itu tidak masalah. Terserah, ami juga kita tidak memaksakannya. Tapi jangan pula karena yang satu ini malah mengorbankan 11 Kabupaten lainnya," tutupnya.