Jelang Pelantikan, Gerindra Ingatkan Syamsuar Netral di Depan Publik

Husni-Thamrin.jpg
(Hasbulah Tanjung)

Laporan: HASBULLAH TANJUNG

RIAUONLINE, PEKANBARU - Ketua Fraksi Gerindra DPRD Riau Husni Tamrin mengingatkan Gubernur Riau Terpilih Syamsuar untuk bersikap netral di depan publik saat sudah dilantik nanti.

Seperti yang diketahui, Syamsuar secara terang-terangan sudah menyatakan dukungannya kepada Jokowi Maruf Amin bersama sepuluh 10 bupati dan walikota se Riau.

"Kita tahu dia tidak netral tapi di depan publik dia harus netral," ujar Tamrin, Senin, 11 Februari 2019.

Dikatakan Tamrin, memang Syamsuar memiliki hak berpolitik sebagai Gubernur Riau, namun ia meminta agar Syamsuar tidak terang-terangan menunjukkan sikap politiknya ke publik.

Sebab, menurut Tamrin, sebagai Gubernur Riau yang dianugerahi gelar adat Datuk Seri Setia Amanah, Syamsuar harus mengayomi segala golongan di Riau ini.

"Dia kan Datuk di Melayu, dia harus mengayomi semua, harus dijunjung tinggi itu," tuturnya.

Sebelumnya, di wakili oleh Gubernur Riau terpilih Syamsuar, seluruh Kepala Daerah yang hadir mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

Hampir seluruh Kepala Daerah menghadiri Deklarasi Projo Riau, terlihat hanya Bupati Kuantan Singingi Mursini yang tidak hadir. Namun saat menandatangani deklarasi tersebut Syamsuar menekankan bahwa seluruh Kepala Daerah sudah menyatakan mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

Kepala Daerah yang hadir membacakan ikrar deklarasi dukungan Jokowi-Ma'ruf Amin serta secara simbolis menandatangani pernyataan. Pernyataan dukungan ini menyingkap teka-teki sikap Kepala Daerah Riau yang dalam beberapa waktu terakhir memunculkan pertanyaan.

Namun, sikap dukungan ini memunculkan pro dan kontra di kalangan masyarakat sebab tidak sedikit dari Kepala Daerah yang duduk di kursi kepemimpinannya melalui sokongan partai politik yang hari tergabung dalam Koalisi Prabowo-Sandi. Sebut saja Syamsuar-Edy Natar yang memenangkan Pilkada Riau melalui koalisi PKS, PAN, dan Nasdem.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id