Aktual, Independen dan Terpercaya


UR Kini Punya Prodi Pulp dan Kertas, Diresmikan Menristek M Nasir

Peresmian-Prodi-Pulp-dan-Kertas.jpg
(Hasbulah Tanjung)

Laporan: HASBULLAH TANJUNG

RIAUONLINE, PEKANBARU - Berkat kerjasama dengan PT Riau Andalan Pulp and Paper dan Tanoto Foundation, Universitas Riau secara resmi membuka program studi D3 Teknologi Pulp dan Kertas Jurusan Teknik Kimia Universitas Riau, Selasa, 29 Januari 2019.

Peresmian gedung ini dilakukan langsung oleh Menteri Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Menristekdikti, disaksikan oleh Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim yang diwakili Kepala Balitbang, Direktur Utama RAPP Sihol Aritonang, Global CEO Satrio Tanuwidjoyo dan Rektor UNRI Aras Mulyadi.

Menristekdikti Muhammad Nasir mengatakan sangat mengapresiasi investasi dan komitmen RAPP dan Tanoto Foundation dalam mendukung agenda pemerintah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Apalagi, ini merupakan kali pertamanya dibuka jurusan yang fokus pada pengolahan Pulp dan Kertas sehingga ia mengaku sangat berharap jurusan ini bisa melahirkan ahli kertas yang hebat kedepannya.

“Saya mengapresiasi kolaborasi yang baik antara pihak swasta dengan univesrsitas dalam mendukung pendidikan vokasi, dalam hal ini bidang industri pulp dan kertas. Kami berharap, putra-putri terbaik Indonesia dapat memanfaatkan program dan fasilitas baru ini sehingga mampu menjawab kebutuhan akan sumber daya andal dalam industri pulp dan kertas,” ungkapnya.

"Dulu prodi baru yang tidak ada di nomenklatur tidak bisa, sekarang aturan ini sudah kami cabut, kalau sekarang silahkan saja, selagi ada penggunanya dan ada dampak positifnya, kalau tidak berdampak, untuk apa dikembangkan, sekali lagi saya apresiasi ini karena sesuai dengan kebutuhan pasar," ungkapnya lagi.

CEO Global Tanoto Foundation J. Satrijo Tanudjojo mengungkapkan program ini sangat tepat, karena hadir di Provinsi Riau yang menjadi salah satu penghasil pulp dan kertas terbesar di dunia. Selain itu, Universitas Riau telah menjalin kemitraan dengan Tanoto Foundation sejak 2006 dalam program pengembangan kepemimpinan.

“Diinspirasi langsung oleh pendiri Tanoto Foundation, Bapak Sukanto Tanoto dan Ibu Tinah Bingei Tanoto, kami mendapat amanat untuk merealisasikan program D III Pulp dan Kertas ini sebagai bagian dari komitmen kami terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Hal ini selaras dengan filosofi kami bahwa pendidikan berkualitas akan mempercepat terciptanya kesetaraan peluang,” kata J. Satrijo Tanudjojo.

Ungkapan senada juga disampaikan oleh Direktur Utama RAPP Sihol P. Aritonang yang berharap dengan diresmikannya Gedung Vokasi Teknologi Pulp dan Kertas jurusan Teknik Kimia Universitas Riau ini dapat melahirkan tenaga-tenaga ahli di bidang industri kertas yang dikemudian hari dapat menjadi penggerak roda ekonomi negeri.

“Hadirnya D III Pulp dan Kertas ini akan memperkuat korelasi antara kompetensi yang dibangun dunia pendidikan dengan ekspektasi dunia industri demi mendorong peningkatan peluang kerja yang luas. Pengembangan Universitas Riau sebagai center of excellence yang mendukung pengembangan human capital untuk industri pulp dan kertas juga akan berkontribusi pada upaya nasional membangun masa depan yang lebih baik,” kata Presiden Direktur PT RAPP Sihol Aritonang.

Program teknologi pulp dan kertas UNRI adalah program studi (prodi) pertama di Riau, terwujud berkat kerjasama antara Tanoto Foundation, PT Riau Andalan Pulp and Paper dan Universitas Riau.

Untuk memfasilitasi proses perkuliahan, Tanoto Foundation dan PT RAPP mendukung pembangunan gedung seluas 2.092 m2 yang terdiri dari 6 ruang kelas, 6 laboratorium penelitian, 2 ruang meeting, perpustakaan serta akses langsung ke dunia industri pulp dan kertas serta dukungan dosen-dosen dari kalangan praktisi.

Adapun, sebanyak 29 karyawan RAPP difasilitasi untuk melanjutkan pendidikannya di jurusan tersebut pada tahun ini. Hal tersebut dilakukan RGE Group untuk semakin meningkatkan keahlian karyawan, sesuai dengan core value bisnis untuk selalu melakukan perbaikan diri.

Terakhir, Rektor Universitas Riau Aras Mulyadi mengucapkan ribuan terimakasih kepada RAPP dan Tanoto Foundation yang selama ini sudah sangat membantu Universitas Riau.

"Atas nama pimpinan Universitas, saya mengucapkan ribuan terimakasih karena kepedulian Tanoto dan RAPP, sehingga jurusan ini ada di UR dan merupakan satu-satunya di Indonesia," imbuhnya.

Diakui Aras, meskipun masih terhitung baru, namun Prodi ini cukup diminati oleh banyak calon mahasiswa.

"2017/2018 kita menerima 55 mahasiswa baru, itu kita seleksi dari 243, kalau di kalkulasikan ada 1 kursi yang diterbitkan oleh empat calon mahasiswa baru," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id