Aktual, Independen dan Terpercaya


Deretan Lampion dan Bazar Kuliner Meriahkan Imlek di Kampung Tionghoa Pekanbaru

Imlek-di-kampung-tionghoa-pekanbaru.jpg
(Hasbulah Tanjung)

Laporan: HASBULLAH TANJUNG

RIAUONLINE, PEKANBARU - Susunan Lampion berkilauan cahaya tampak bergantungan di sepanjang Kampung Tionghoa Melayu (KTM) yang berada di Jalan Karet Pekanbaru.

Suasana khas Tionghoa sangat terasa saat kita mencoba menyusuri jalanan ini, dimana warna merah sangat mendominasi di setiap sudut.

Di kanan kiri sejumlah pedagang memanggil setiap pengunjung, baik memanggil dengan suara maupun dengan aroma dagangannya yang menggoda lidah pengunjung.

Seperti yang diketahui, Paguyuban Tionghoa Riau menggelar perayaan jelang Tahun Baru Imlek 2570 dengan berbagai kegiatan yang dipusatkan di KTM.

Ketua Panitia Mariyana mengatakan, mulai hari ini akan diadakan perayaaan jelang Tahun Baru Imlek yang berpusat di KTM dengan menggelar Bazaar kuliner.

Adapun Bazar Kuliner ini digelar selama empat hari, yakni tanggal 24 Januari hingga 27 Januari 2018.

"Kita mau UMKM punya keinginan menjadi besar. Dari kaki lima menjadi bintang lima, itu program pembinaan kita, dan akan kita selingi dengan pameran ebudayaan dari berbagai suku," terang Mariyana, Kamis, 24 Januari 2019.

Dijelaskan Mariyana, dalam bazar ini juga akan disajikan makanan khas Tionghoa seperti mie sagu dan kue bakul.

"Semuanya dari dalam negeri, karena kami serius ingin mengembangkan UMKM," tambahnya.

Tak hanya itu saja, panitia juga akan menggelar perlombaan kesenian dari berbagai cabang seni selama beberapa hari ke depan.

Acara ini sendiri dibuka langsung oleh Mariyana didampingi ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia Peng Suyoto dan sejumlah perwakilan Ormas di Pekanbaru.

Pembukaan sendiri dilakukan dengan pemukulan gendang secara bersama-sama sebagai bentuk simbol rezeki yang melimpah.

Usai pemukulan gendang, kemudian dilakukan pertunjukkan barongsai yang mengundang decak kagum para hadirin yang bukan hanya dari kalangan Tionghoa saja.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id