Aktual, Independen dan Terpercaya


Wah, Ternyata Ada 17 RS di Riau yang Tak Terakreditasi

Kepala-Dinas-Kesehatab-Riau-Mimi-Yuliani-Nazir.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE,PEKANBARU - Ada puluhan rumah sakit (RS) yang beroperasi di Provinsi Riau, belum memiliki status akreditasi. Padahal, akreditasi diperlukan untuk menciptakan tata kelola organisasi, program untuk menghasilkan budaya mutu dan keselamatan bagi pasien.

"Puluhan rumah sakit yang ada di Riau diantaranya masih ada yang belum terakreditasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, Selasa, 8 Januari 2019.

Puluhan rumah sakit tersebut dari total 70 rumah sakit yang ada di Riau. Sebanyak 49 titik sudah terakreditasi, tiga sedang menunggu hasil akreditasi sementara satu dalam pelaksanaan akreditasi.

"Rumah sakit kita kan ada 70. 49 diantaranya sudah terakreditasi, tiga menunggu hasil akreditasi, satu dalam pelaksanaan akreditasi dan selebihnya belum," jelasnya.

Akreditasi RS jadi sorotan setelah santer beredar kabar penghentian kerja sama yang dilakukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Meskipun tak disebut adanya faktor akreditasi, melalui akun Facebooknya, Jumat 4 Januari 2019, BPJS mengabarkan penghentian kerja sama dengan 19 rumah sakit dan tiga klinik yang ada di Jakarta.

Mereka beralasan bahwa fasilitas kesehatan tersebut tidak lagi memenuhi syarat. Diantaranya, surat izin operasional yang sudah habis masa berlaku, rekredensialing dan tidak beroperasi nak kembali.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id