Siap-siap, Riau Masuki Musim Kemarau

Terik-Matahari.jpg
(internet)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan sebagian wilayah Provinsi Riau sedang menghadapi musim Pancaroba atau peralihan musim dari hujan ke kemarau.

Wilayah yang menghadapi Pancaroba diawali dari wilayah pesisir Riau, seperti Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis.

Dengan begitu, BMKG menyebut wilayah pesisir saat ini cukup rawan terjadi Karhutla.

"Wilayah pesisir Riau seperti Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis, dan Meranti sudah mulai memasuki musim kemarau. Cuaca juga sangat panas sehingga potensi Karhutla tinggi," kata Staf Analis BMKG Stasiun Pekanbaru, Mia Fadillah di Pekanbaru, Kamis, 3 Januari 2019.

Mia memprediksi, musim kemarau akan terus bergeser ke wilayah lainnya di Provinsi Riau dan sepenuhnya memasuki musim kering pada akhir Januari mendatang.

"Musim kemarau nanti akan berlanjut hingga Februari," ujarnya.

Minimnya curah hujan di wilayah Riau berdampak pada mengeringnya lahan gambut, terutama di wilayah pesisir. Di Rokan Hilir, sekitar 15 hektare lahan gambut terbakar hebat dan hingga kini masih dalam proses pemadaman.

Lokasi kebakaran lahan di awal 2019 tersebut terjadi di Desa Mumugo, Kecamatan Tanah Putih, Rokan Hilir. Petugas gabungan masih kesulitan melakukan pemadaman karena terkendala sumber air dan cuaca yang sangat panas. (**)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id