Aktual, Independen dan Terpercaya


Prihatin dengan Tingginya Kasus Narkoba, Dewan akan Bertemu BNN Riau

Wakil-Ketua-Komisi-I-DPRD-Riau-Taufik-Arrahman.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

Laporan: HASBULLAH TANJUNG

RIAUONLINE, PEKANBARU - Komisi I DPRD Riau membidangi narkotika mengaku sangat prihatin dengan meningkatnya angka peredaran narkotika di provinsi Riau sepanjang 2018 lalu.

"Kita prihatin, apalagi napi di lapas juga ikut terlibat. Kita harus berpikir bagaimana menbuat lapas khusus narkotika, agar bisa membendung peredaran ini," ungkap Wakil Ketua Komisi I Taufik Arrahman, Selasa, 1 Januari 2019.

Politisi Gerindra ini meminta agar aparat bisa menindak tegas setiap pelaku pengedaran narkoba. Sebab menurutnya hal ini adalah ancaman untuk generasi yang akan datang.

"Dengan peningkatan itu, BNN dan stakeholder lainnya harus mempunyai pola baru dalam pemberantasan narkoba ini," tambahnya.

Legislator asal Pekanbaru ini mengatakan, aparat jangan hanya menunggu di daerah teritori saja, namun juga memperketat pengawasan di daerah perbatasan.

"Itu memang kerja berat, makanya harus ada bantuan pemerintah," tuturnya.

Untuk itu, sebagai mitra kerja, DPRD Riau berencana mengundang Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Riau untuk menggelar rapat dengar pendapat.

"Data peningkatan peredaran sabu-sabu akan kita jadikan bahan, kita tidak memanggil tapi hanya mengundang, kita mau tanya apa yang bisa kita bantu," tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Riau, Brigjen Pol Wahyu Hidayat mengungkapkan, sepanjang tahun 2018 terjadi peningkatan signifikan pengungkapan kasus narkoba yang ditangani jajarannya.

Dibanding pada tahun sebelumnya, pengungkapan kasus narkoba jenis sabu-sabu mengalami peningkatan hingga hampir 400 persen.

Parahnya lagi, kasus narkoba di provinsi ini melibatkan narapidana yang berada di bali jeruji besi. Ia mengatakan, keterlibatan tahanan sebagai pengendali peredaran narkoba cukup tinggi.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id