Aktual, Independen dan Terpercaya


Musim Liburan, Dinas PU Harus Siagakan Alat Berat

Longsor-di-Jalan-Riau-Sumbar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: HASBULLAH TANJUNG

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman meminta Dinas PU mensiagakan alat berat selama beberapa hari ke depan. Terutama di titik tertentu, yang termasuk lintas Riau - Sumbar.

Dikatakan pria yang kerap disapa Dedet ini, curah hujan masih tinggi, dan beberapa lokasi ada potensi terjadi longsor. Dengan disiagakannya alat berat maka bisa dilakukan evakuasi cepat.

"Saya mendapat laporan sejak sabtu lalu, jalan lintas Riau-Sumbar sudah padat, sedangkan intensitas hujan masih tinggi. Makanya Dinas PU harus standbykan alat berat. Kalau misal terjadi longsor biar langsung dieksekusi," ujar Politisi Demokrat ini, Senin, 24 Desember 2018.

Diakui Dedet, antusias masyarakat Riau masih sangat tinggi untuk menghabiskan waktu liburannya di Sumbar, sehingga penyiagaan alat berat bisa dijadikan solusi jangka pendek.

"Jumlah masyarakat Riau yang ke Sumbar itu sangat banyak, apalagi musim liburan seperti ini, kami akan mengkaji itu, tapi ini kan cakupannya dua provinsi jadi tentunya akan ada kerjasama antara dua kepala daerah," tuturnya.

Lebih lanjut, DPRD Riau akan mencoba meminta bantuan pemerintah pusat untuk membangun penyayangga permanen di lokasi rawan. Sebab, rata-rata lokasi rawan longsor di Jalan Lintas Riau-Sumbar tidak punya penyangga alias gundul.

"Selama ini kan cuma ada penyangga sementara, saya harap ini bisa dibangun permanen, karena sudah banyak jugA yang gundul," tuturnya.

Tak hanya dinas PU, aparat keamanan juga diminta menyiapkan personelnya di di titik rawan kecelakaan, sehingga ketika ada musibah maka korban atau pengguna jalan lainnya bisa mendapatkan penanganan.

"Kapolda diminta juga siapkan petugas khusus yang standby," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id