Aktual, Independen dan Terpercaya


Temuan Dewan, Banyak TKA Taiwan Dapat Fasilitas Mewah di PT Indah Kiat

Ketua-Komisi-V-Aherson.jpg
(Hasbulah Tanjung)

Laporan: HASBULLAH TANJUNG

RIAUONLINE, PEKANBARU - Komisi V DPRD Riau yang membidangi tenaga kerja menyatakan bahwa banyak ekspatriat alias Tenaga kerja Asing di PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP).

Dalam sidaknya ke perusahaan tersebut, Ketua Komisi V, Aherson menemukan banyak tenaga kerja asal Taiwan yang dipekerjakan sebagai staff ahli di perusahaan yang beroperasi di Perawang, Siak ini.

"Mereka diberikan fasilitas yang mewah, tidak sama dengan tenaga kerja asal Indonesia yang bekerja di sana. Padahal mereka (TKA) bukan pejabat struktur" ungkap Aherson, Rabu, 19 Desember 2018.

Sementara fasilitas tenaga lokal, sambung Aherson, sudahlah mendapat jabatan struktural tapi fasilitas yang didapatkan jauh di bawah TKA ini.

"Sudah lah gaji mereka lebih kecil, kalah pula rumah direksi dibuatnya jika dibandingkan rumah TKA tu," ulasnya.

Untuk itu, dewan meminta direksi PT Indah Kiat agar lebih memperhatikan tenaga kerja lokal, dan pekerjaan yang sifatnya teknis diberikan kepada tenaga lokal.

"Seharusnya, pekerjaan yang sifatnya teknis, berikanlah ke tenaga kerja lokal. Yang kami temukan di situ para TKA bekerja di bagian tekhnis," ujar politisi Demokrat ini.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id