Belasan Rumah Amblas Masuk Sungai Kampar

Banjir-di-Kecamatan-Kampar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Belasan rumah di Dusun Tanjung Alai Hilir, Desa Sungai Tarap, Kecamatan Kampar, nyaris amblas ke Sungai Kampar, akibat longsornya turap di sepanjang tepian Sungai Kampar, Selasa, 18 Desember 2018. 

Rumah-rumah yang amblas dan nyaris masuk ke sungai tersebut hanya berjarak tak lebih dari dari 1 meter dari batas turap. Beberapa bagian rumah warga yang telah amblas masuk ke sungai.

Amblasnya enam rumah serta nyaris amblas 11 rumah tersebut terjadi Senin, 17 Desember 2018, sekitar pukul 01.00 WIB tengah malam.

Warga Dusun Tanjung Alai Hilir, Desa Sungai Tarap, Kecamatan Kampar, Novri Andrizal mengatakan, longsor turap teresebut terjadi saat tengah malam.

"Saat longsor kondisi cuaca juga lagi hujan. Waktu kejadian sempat terdengar suara gemuruh longsor, saya tengah memancing udang di tepian turap langsung lari, mengelak longsor," katanya.

Ia khawatir, jalan tepian turap akan semakin longsor dan mengenai rumah warga. Andrizal berharap pemerintah bisa cepat tanggap memperbaiki kondisi infrastruktur yang longsor.

Dampak dari kejadian tersebut, warga rumahnya di sekitar tempat longsor, mulai mengungsi ke rumah keluarga. Mereka khawatir akan ada lagi longsor susulan.

Sementara itu, Sekdakab Kampar, Yusri, langsung turun ke lokasi dan memantau keadaan. Yusri menghimbau segera di data dan hitung kerugian, karena yang berkaitan dengan sungai ini merupakan dana APBN termasuk turap.

"Kejadian ini kita akan segera buat proposal tanggap darurat," katanya.

Ia mengatakan pemerintah kabupaten siap untuk membuat tenda dan dapur umum jika diperlukan.

"Kita menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada karena ini tidak dapat kita prediksi, jangan lakukan aktifitas di dalam rumah dan jika memungkinkan agar pindah ke tempat yang lebih aman," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id