Aktual, Independen dan Terpercaya


Yuk, Kenalan dengan Sosok Cantik Penggagas Aksi Bersih Sungai Pekanbaru

Sahabat-Sungai-Pekanbaru.jpg
(Azhar Saputra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Siapa yang mengira kalau aksi bersih sungai yang telah dilaksanakan tiga kali sejak Oktober lalu itu digagas oleh seorang dara cantik.

Dialah sang Juara 2 Duta Lingkungan Pekanbaru 2018-2020, Annesa Fista.

Kepada RIAUONLINE.CO.ID, mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau ini berkisah. Ide ini muncul karena Daerah Aliran Sungai (DAS) yang dimiliki oleh Sungai Siak adalah DAS kritis.

"DAS Siak yang merupakan sungai kebanggaan tanah melayu termasuk DAS kritis. Karena rawan bencana banjir, longsor, erosi, pendangkalan sampai pencemaran lingkungan," sebutnya, Senin, 17 Desember 2018.

Selain itu, aksi bersih-bersih ini untuk mendukung Program Kali Bersih (Prokasih) milik Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru.

"Alasan kita lainnya karena masih banyak masyarakat memiliki kebiasaan membuang sampah di sungai. Akibatnya, sungai menjadi kotor dan dipenuhi sampah," tandasnya.

Menurutnya, sampah yang dibuang ke anak sungai akan bermuara ke sungai Siak. Oleh sebab itu anak-anak sungai perlu dibersihkan untuk meminimalisir sampah yang akan hanyut ke sungai Siak hingga malah berakhir ke laut.

"Dengan membersihkan anak sungai, kami memiliki jalan untuk berkenalan dengan masyarakat sekaligus memberikan edukasi agar masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai,"ucapnya bangga.

Aksi bersih sungai yang digagasnya ini ini telah dilaksanakan sebanyak III kali. Kegiatan I pada 
14 Oktober 2018 menyasar di Kelurahan Kampung Bandar dengan tujuan membersihkan sungai dan edukasi.

Yang kedua 20 November 2018 di Sungai Sago Kelurahan Sukaramai Kecamatan Pekanbaru. Bersama Lurah setempat membersihkan sungai dan melakukan Focus Group Discussion (FGD) terkait solusi permasalahan sungai.

Terakhir, aksi bersih sungai Limau di Kelurahan Rintis Kecamatan Limapuluh Kota Pekanbaru, Minggu, 16 Desember 2018.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id