Aktual, Independen dan Terpercaya


Sabtu Ini, Jokowi-SBY Berada di Pekanbaru. Janjiankah?

Pertemuan-SBY-dan-Prabowo-di-Cikeas.-2017.jpg
(merdeka.com/muhammad luthfi rahman)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Secara bersamaan, di hari Sabtu, 15 Desember 2018, dua Presiden Indonesia, akan berada di Pekanbaru, Riau. 

Jika Presiden Ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, lebih dahulu tiba di Pekanbaru, Jumat, 13 Desember 2018, dan berada di Riau hingga Senin, 17 Desember 2018, guna mengikuti rangkaia acara Partai Demokrat. 

Sedangkan Presiden Ke-7, Joko Widodo, berada di Pekanbaru selama satu hari saja, Sabtu, 15 Desember 2018, guna menerima gelar adat Datuk Seri Setia Amanah Negara dan pembagian serfikat TORA.

Walau sama-sama ke Pekanbaru, namun keduanya sama sekali tak diagendakan saling jumpa dan bertemu, seperti sebelum Pilpres. 

Ketua DPD Demokrat Riau, Asri Auzar, membenarkan SBY akan mengunjungi balai adat Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) untuk bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat Riau.

"Awalnya memang diagendakan ke LAM dulu, namun karena ada pemberian gelar ke Pak presiden Jokowi, jadi beliau mengalah setelah acara pak Presiden di LAM," ungkap anggota DPRD Riau ini, Kamis, 13 Desember 2018.

Hal serupa juga disampaikan oleh ketua fraksi Demokrat DPRD Riau, Aherson. Hingga saat ini belum ada jadwal mngagendakan pertemuan SBY dengan Jokowi.

"Kalau dari jadwal Pak SBY tidak ada, tapi nanti diluar itu kita tidak tahu," katanya.

Aherson menyatakan, kunjungan bersamaan antara SBY dan Jokowike Riau sama sekali tidak pernah direncanakan sebelumnya.

"Pak SBY memang sudah dari dulu (ingin berkunjung ke Riau), sebab masyarakat Pacitan di Riau menginginkan beliau hadir disini. Tapi tentu juga dibarengi tugas-tugas kepartaian seperti pelantikan DPC Demokrat se-Provinsi Riau," paparnya.

Rencananya, SBY mulai berada di Riau esok hari, 14 Desember hingga Senin, 17 Desember 2018.

Kedatangan Presiden RI keenam di Riau ini disebut untuk melakukan silaturrahmi dengan masyarakat Riau sebelum pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang.

"Pak SBY didampingi ibuk Ani dan petinggi Demokrat akan berada di Riau selama empat hari, mereka akan silaturahmi dengan masyarakat Riau," ujar Asri Auzar.

Politisi asal Rohil ini menambahkan banyak agenda kegiatan yang akan dihadiri SBY selama berada di Bumi Lancang Kuning, di antaranya pelantikan seluruh ketua DPC se-Riau dan Pembekalan 600 lebih Caleg se- Riau.

Selain itu, mantan Jenderal bintang empat ini juga akan melakukan pengukuhan keluarga Pacitan se-Riau.