Aktual, Independen dan Terpercaya


BKSDA Amankan Seekor Buaya dari Tangan Warga Kuansing

Buaya-di-rumah-warga-Kuansing.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Riau membeberkan penyebab kemunculan satu ekor buaya muara (Crocodylus porosus) yang berhasil ditangkap oleh warga Desa Talontam, Kecamatan Benay, Kabupaten Kuantan Singingi, Minggu, 9 Desember 2018 silam.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono mengatakan bahwa penyebabnya karena tingginya debit air sungai Kuantan. Sehingga buaya dapat dengan mudah menampakkan diri.

"Tingginya volume air Sungai Kuantan membuat buaya muara itu terjebak masuk ke aliran irigasi," katanya, Senin, 10 Desember 2018.

Selain tingginya debit air sungai, buaya muara disebut-sebut terperangkap masuk hingga ke saluran Irigasi persawahan milik warga.

"Tim rescue kami yang langsung menuju lokasi mendapati bahwa buaya itu terperangkap di saluran Irigasi persawahan. Kemudian ditangkap oleh warga,"jelasnya.

Setelah ditangkap oleh warga, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Riau mengamankan satu ekor buaya muara (Crocodylus porosus). Buaya kemudian di bawa ke penitipan satwa yang berada di kebun binatang Kasang Kulim.