Aktual, Independen dan Terpercaya


Jalan Sumbar Riau Longsor Lagi, Dewan Janji Carikan Solusi ke Pusat

Longsor-di-Jalan-Riau-Sumbar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: HASBULLAH TANJUNG

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau berjanji akan segera menjalin komunikasi intens dengan anggota DPR RI dapil Riau dalam penanganan masalah longsor di Jalan lintas Sumbar Riau.

Untuk diketahui, jalan lintas Sumbar Riau kerap longsor saat musim penghujan tiba. Kabar terakhir, Kamis 6 Desember 2018 siang tadi jalan kembali longsor dan membuat kepolisian memberlakukan sistem buka tutup.

"Itu kan kewenangan pusat, tentu actionnya ada di pusat, tapi kita di daerah akan berkomunikasi terus dengan Anggota DPR RI kita di Senayan," kata Politisi Demokrat ini, Kamis, 6 Desember 2018.

Pria yang sering disapa Dedet ini, berharap agar pemerintah pusat melakukan pembangunan jalan yang komprehensif dan tidak hanya fokus pada pembangunan jalan saja tapi juga melakukan upaya untuk menahan tebing.

Saat ini, sambungnya, provinsi bersama kabupaten setempat hanya bisa melakukan penanganan jangka pendek, diantaranya menempatkan alat berat di lokasi rawan longsor untuk mengantisipasi parahnya longsor.

"Kalau tindakan permanennya, kita serahkan pada pemerintah pusat," tambahnya.

Lebih jauh, longsor di perbatasan Riau-Sumbar ini memang cukup merugikan masyarakat, karena selain menghambat akses serta kegiatan masyarakat, longsor juga mengakibatkan harga pangan di Riau naik.

"Seperti yang kita ketahui, kan banyak komoditas pangan yang dipasok dari sana, lihat saja kalau jalan longsor, sayur mayur di pasar naik, apalagi cabai di Riau hampir 70 persen dipasok dari Sumbar," tutupnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id