2 Pekan Sidak, BBPOM Pekanbaru Sita Kosmetik Hingga Rp 1 M

BBPOM-Sidak-kosmetik.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru, mengamankan ribuan kosmetik tak layak edar. Tak tanggung-tanggung, sitaan kosmetik tersebut hampir mendekati angka Rp 1 miliar selama dua pekan.

Kepala Balai Besar POM Pekanbaru, Mohamad Kashuri mengatakan sitaan produk kecantikan itu didapat dari berbagai toko sampai para pedagang distributor. Baik online maupun pedagang produk kecantikan yang sudah biasa berhubungan langsung dengan para konsumen.

"Hasil sidak taksiran ekonomi bahwa nilainya mendekati Rp 1 miliar. Untuk jumlah, tentu ribuan. Itu kami dapatkan di dua minggu pelaksanaan aksi penertiban," katanya, Kamis, 6 Desember 2018.

Beberapa diantaranya berjenis krim perawatan kulit, losion, bedak, lipstik, perias wajah dan mata, perawatan rambut sampai sabun.

Produk-produk kecantikan tersebut disita lantaran sudah kaluarsa, kemasannya rusak, dan tidak mengantongi izin edar.

"Makanya masyarakat itu harus cerdas, lihat kemasan sebelum membeli seperti kemasan tidak rusak, baca keterangan penggunaan, coba dahulu di bagian tubuh yang tertutup sebelum menggunakan di bagian muka," imbaunya.