ÔĽŅ

Ini Daftar 16 Calon Komisioner KPU Riau, Ada 2 Nama Petahana

KPU-Riau.jpg
(INTERNET)

Laporan: HASBULLAH TANJUNG

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dari lima nama komioner KPU Riau periode 2014-2019, hanya ada dua nama yang dinyatakan lolos seleksi psikotes yang digelar tim seleksi pada 21-23 November lalu.

Dua nama tersebut adalah Ilham Muhammad Yasir dan Abdul Hamid.

Sebelumnya, ada dua lagi petahana atau incumbent yang juga kembali mencalonkan diri sebagai komisioner KPU Riau yakni ketua KPU Riau Nurhamin dan Syapril Abdullah yang sudah gugur dalam tahapan seleksi.

Sedangkan komisioner lainnya Sri Rukmini tidak ikut mendaftarkan diri lagi sebagai calon komisioner pada tahap pendaftaran lalu.

Selanjutnya, dua Incumbent ini akan melewati test kesehatan bersama 14 calon komisioner lainnya pada tanggal 26 - 28 November 2018.

Ketua Timsel I KPU Riau, Sahal mengatakan bahwa dalam tes kesehatan ini ada dua bagian, yakni pertama tes jasmani yang akan diselenggarakan di RSUD Arifin Achmad.

"Setelah itu ada tes kedua tes kesehatan rohani yang akan dilaksanakan di RSJ Tampan," katanya, Senin, 26 November 2018.

Adapun pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat kondisi fisik dan juga psikis para calon komisioner KPU dan akan dilakukan secara menyeluruh dan menjadi faktor penentu kelulusan.

Setelah dites kesehatan jasmani dan rohani, peserta akan langsung diwawancara oleh Timsel, wawancara ini memiliki konsep berbeda dengan wawancara sebelumnya di psikotes.

"Wawancara di psikotes dilakukan oleh pemeriksa tes untuk menguji apa yang mereka jawab dalam psikometri, sedangkan wawancara yang dilaksanakan nanti dilakukan oleh Timsel dan fokus kepada kompetensi dan pengetahuan peserta tentang kepemiluan," paparnya.

Sahal menambahkan bahwa hasil tes kesehatan ini nanti akan digabung dengan wawancara, setelah semua hasil dirangkum, panitia akan segera mengumumkan.

"Untuk KPU Riau akan kita umumkan 10 orang yang nanti akan ditetapkan menjadi lima komisioner oleh KPU RI," pungkasnya.

Berikut nama Calon Anggota KPU Riau
ABDUL HAMID, S. Pi, M. Si
ABDUL RAHMAN, SE
ALNOFRIZAL, SE, M.I.Kom
ASMADI, MH
ASRIL DARMA, S. Si
DEFITRI AKBAR, S. Pi
Dr. Ir. H. T. EDY SABLI, M. Si
FIRDAUS, SH
ILHAM MUHAMMAD YASIR, SH, LLM
Drs. JONI SUHAIDI
KHERY SUDESKA, SP
NUGROHO NOTO SUSANTO, S.IP
DR. SAUT MARULI TUA MANIK, S.HI, MH, CLA
H. SUHARDI, S. Ag, MA
Drs. SYAFERDI
YASRIF YAKUB TAMBUSAI, SH, MH

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online, 

Follow Instagram riauonline.co.id