Tropicana Slim Ajak Masyarakat Pekanbaru Cegah Diabetes Sejak Dini

Senam-tropicana-slim.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FATMA KUMALA)

 

LAPORAN: FATMA KUMALA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 1.250 orang mengikuti senam sehat Tropicana Slim di halaman Kantor Gubernur pagi ini, Minggu 18 November 2018.

Kegiatan ini merupakan peringatan World Diabetes Day 2018 yang bertajuk “Keluarga dan Diabetes”, yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat bahwa keluarga memiliki pengaruh besar terhadap pencegahan diabetes. Adapun kegiatan yang berlangsung dalam kegiatan ini adalah senam sehat dan cek gula darah gratis, serta berbagai kegiatan seru dan edukatif di berbagai booth acara.

Menurut Manager Promosi PT. Nutrifood Indonesia Sumatra bagian 1, Alif Patria, kegiatan ini berangkat dari jumlah penderita diabetes Indonesia yang mengkhawatirkan. Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-6 dunia dengan jumlah diabetesi terbesar, yaitu sebanyak 10,3 juta jiwa.

“Ini merupakan kegiatan kami di tahun ke lima. Tropicana Slim mengadakan #Hands4Diabetes sebagai wujud komitmen untuk terus mengajak keluarga Indonesia meningkatkan kepedulian cegah, sekaligus menunjukkan solidaritas kepada diabetesi di Indonesia melalui pengumpulan 19.500 petisi smile, baik online ataupun offline. Kegiatan hari ini diadakan serentak dan live di 34 kota di Indonesia,” katanya.

Disampaikan Alif, masyarakat juga diajak untuk turut berpartisipasi dan berkontribusi secara kekinian dengan mengunggah foto bergambarkan smile pada telapak tangan mereka di Instagram dengan hashtag #Hands4Diabetes. Setiap foto bernilai donasi 1 strip cek gula darah yang akan digunakan untuk cek gula darah gratis pada acara puncak hari ini.

Selain itu, peserta diajak untuk memberikan petisi smile sebagai aksi solidaritas kepada diabetesi. Petisi smile terbagi menjadi 3 warna, yang masing-masing mewakili pilihan “Faktor Penyebab Diabetes”, yakni, Merah (faktor keturunan), Kuning (faktor pola makan keluarga tinggi gula), serta Biru (faktor kurang berolahraga).

“Setiap petisi smile yang terkumpul bernilai Rp 1.000,- yang didonasikan ke Komunitas Sobat Diabet untuk melakukan aksi edukasi dan cegah diabetes di berbagai wilayah di Indonesia,” sebut Afif.