Tertidur Saat Tausiah, 5 Siswa Ini Malah Diajak UAS Foto Bersama

lima-remaja-diajak-foto-UAS.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/SIGIT EKA YUNANDA)


LAPORAN: SIGIT EKA YUNANDA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ustad Abdul Somad sejak lama diketahui sebagai sosok yang acapkali menyelipkan gurauan dalam tausiyahnya. Namun, tidak jarang pula ia menunjukkan sikap tegas, khususnya jika jamaah tidak konsentrasi.

Hal itulah yang terlihat dalam tabligh akbar di Masjid Raya Annur, Pekanbaru, Jumat, 16 November 2018. Sedang berceramah tiba-tiba Ustadz yang kerap disapa UAS itu memanggil sekelompok anak muda yang terlihat tidur-tiduran di belakang. UAS dengan tegas memperingatkan remaja tersebut.

"Ustad lain bisa kalian main-mainkan, aku jangan, dulu di lokal ada anak main HP, datang saya, kalian mau apa? Saya 4 tempat sekolah. Kalau cerita jahat jangan kalian pancing saya, ni hantu ni," berang UAS.

Namun para hadirin hanya tersenyum-senyum melihat aksi ustadz tersebut, sebab mereka paham inilah marahnya seorang guru yang tidak ingin anak didiknya bermain-main saat menuntut ilmu. Tak pelak lima remaja yang dipanggil itu langsung memperhatikan ceramah UAS.

Namun akhir acara, kelima remaja tersebut diajak berfoto oleh UAS. Tidak seperti biasanya saat orang berdesak-desakkan berfoto dengan UAS, kelima anak ini justru diminta oleh ustad kebanggan Riau itu untuk foto bersama.

"Cukup sekian, saya mau siap- siap khutbah Jumat, yang berlima tadi foto dengan saya, cepat, sebelum saya berubah pikiran, yang mau foto kenapa nggak tidur tadi," guraunya di akhir ceramah.

Diketahui mereka adalah siswa MAN 2 Pekanbaru yang memang dibimbing oleh guru sekolah untuk menghadiri Tabligh Akbar tersebut.

Toha, salah seorang siswa mengaku hanya tidur-tiduran saja dan terkejut saat dipanggil maju. Saat dipanggil dan diajak berfoto dengan Ustadz terlihat ia malu namun juga senang.

"Campur-campur lah rasanya. Malu juga, senang juga iya. Diajak foto Ustadz tapi malah karena tidur," kelakarnya saat berbincang dengan RIAUONLINE.CO.ID di kompleks masjid.

Lebih lanjut, ia mengatakan tidak akan melupakan hal tersebut dan berjanji tidak akan tidur saat menghadiri ceramah.

"Kapok, engga tidur lagi lah kalau ada ceramah. Nanti kalau diajak foto sama Ustad lagi bukan karena tidur," ujarnya.