Selamatkan Harimau Terjebak, Tim Bobol Lantai Ruko di Inhil

penyelamatan-harimau-inhil.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)


RIAU ONLINE, INHIL - Hingga Jumat, 16 November 2018 siang, Harimau yang terjebak di lorong pasar Pulau Burung, Indragiri Hilir (Inhil) masih berada di bawah sela-sela ruko.

Camat Pulau Burung Muhammad Yusuf mengungkapkan harimau tersebut masih berdiam diri di kolong ruko milik warga bernama Jauhari dan sedang diupayakan penembakan bius kedua kali.

Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) masih berupaya untuk membobol lantai ruko karena tinggi lantai ruko dari tanah hanya 10 cm.

"Pembobolan ini merupakan upaya yang dilakukan untuk penembakan objek bius, biar lebih tepat sasaran sesuai SOP," tambahnya.

RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG

Reaksi bius, kata Yusuf, memakan waktu sekitar dua puluh menit, dan selama dua puluh menit itu dimanfaatkan harimau untuk masuk lagi ke dalam lorong.

RIAONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG

"Kemarin itu sudah kita tembak bius, tapi karena orang ramai di luar dia masuk lagi dan akhirnya kita bobol lantai ruko supaya bisa menjangkau ke dalam," ulasnya.

Sampai saat ini harimau tampak sudah mulai jenuh, terbukti dari gerak geriknya yang mencoba keluar dari lorong namun terhalang karena banyaknya manusia di luar lorong.

"Masih mengaum apalagi kalau kena cahaya senter dia sudah jenuh sepertinya, kita takut dia makin beringas, masyarakat juga sudah kita himbau untuk menjaga jarak," tuturnya.