Aktual, Independen dan Terpercaya


Ini Sebabnya Banyak Peserta Tes CPNS Riau Gagal Gugur SKD

Kepala-Badan-Kepegawaian-Daerah-BKD-Riau-Ikhwan-Ridwan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan membeberkan sebab CPNS di lingkungan Provinsi Riau begitu kelabakan saat menghadapi tahapan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Sehingga begitu banyak peserta yang gugur dalam tahapan dasar ini.

Pasalnya, Ridwan mengatakan negara menginginkan para pegawainya dapat menghadapi revolusi industri 4.0.

"Persoalannya itu karena negara menginginkan CPNS itu memenuhi revolusi industri 4.0 itu," katanya, Kamis, 15 November 2018.

Dimana pada era tersebut, akan didominasi oleh peran dari mesin-mesin, otomatisasi, serta terintegrasinya sistem komputerisasi yang berjejaring. Sehingga negara membutuhkan ASN yang berintegritas, profesional, berwawasan luas, menguasai IT, mengerti bahasa asing sampai kemampuan networking.

"Keputusan ini merupakan hasil pertemuan kami kemarin dengan Menpan RB bahwa PNS harus memenuhi skill sama dengan pekerja swasta," jelasnya.

Keinginan dari negara ini dibuktikan dengan pemberian soal yang membutuhkan penyelesaian yang panjang namun hanya diberikan waktu yang begitu pendek. Hanya satu setengah jam saja.

Akibatnya, dari puluh ribuan peserta CPNS di Riau, yang benar-benar memenuhi persyaratan dasar ini hanya terjaring tinggal ratusan peserta saja.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id