Setelah Fly Over SKA, Jembatan Siak IV Juga Gagal Rampung Tahun Ini?

Abdul-Wahid-pantau-pembangunan-jembatan-siak.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Selain fly over di simpang SKA, salah satu mega proyek yang harus diselesaikan akhir tahun ini juga tidak sesuai dengan perencanaan semula. Proyek tersebut ialah Jembatan Siak IV yang harusnya diselesaikan hingga akhir tahun ini.

Anggota Komisi IV DPRD Riau, Abdul Wahid, mengatakan pihaknya pesimis jembatan yang sudah mangkrak bertahun-tahun tersebut akan bisa selesai pada akhir tahun ini.

Hal tersebut diungkapkannya, pasca melihat langsung kondisi pembangunan jembatan yang diharapkan bisa menghubungkan Rumbai dengan Sudirman tersebut.

"Pengendali kegiatan Pak Maisar dan Pak Hidayat menager lapangan proyek juga sudah mengakui bahwa jembatan Siak IV tidak bisa selesai akhir Desember," kata Wahid.

Baca Juga: Fly Over SKA Gagal Rampung Tahun Ini, Pemprov Riau: Terima Kasih DPRD

Lebih lanjut, Ketua DPW PKB Riau ini mengatakan, pihaknya memberikan solusi kepada pihak kontraktor dengan adanya peraturan perundang-undangan dan Kepres nomor 54. Adapun Kepres 54 ini memungkinkan kontraktor bekerja melewati batas waktu yang sudah ditentukan dengan syarat tertentu.

"Syaratnya yaitu, apabila pengerjaannya sudah mencapai 80 persen, tapi sekarang pengerjaannya baru mencapai 70 persen. Jadi ada 10 persen lagi yang harus dikejar hingga akhir tahun," tuturnya.

Lebih jauh, Politisi asal Inhil ini mengatakan, bagian yang belum selesai yaitu pemasangan erection span jembatan yang pemasangannya terdiri dari 8 segmen.

"Yang baru terpasang tu ada kabelnya, baru 6 segmen erection span jembatan," tambahnya.

Klik Juga: Pembangunan Fly Over Simpang SKA Gagal Rampung Tahun Ini

"Kalau kendalanya adalah masalah waktu serta masalah teknis seperti kemarin crane yang bermasalah. Tapi sudah diganti, kalau untuk material sudah cukup, cuman tinggal pasang saja," paparnya.

Anggota Komisi IV lainnya Asri Auzar, meminta kepada kontraktor untuk lebih memastikan lagi penyelesaian pembangunan Jembatan Siak IV.

Ketua DPD Demokrat Riau ini menambahkan, meski tidak selesai akhir tahun ini, setidaknya bisa sampai 95 persen Desember nanti.

"Apabila sudah sampai di angka itu, maka sudah bisa menerapkan Kerpres 54, intinya ada 58 hari bisa menyelesaikan proyek ini dengan jalan finishing," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id