Aktual, Independen dan Terpercaya


Tur Sumatera, Sandi Sapa Emak-emak, Milenial, Relawan Hingga Masyarakat Adat

Sandiaga-dan-Tengku-Zulmizan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Keduakalinya dalam tiga bulan terakhir, Calon Wakil Presiden (Cawapres), Sandiaga Salahuddin Uno, "Balek Kampong" ke tanah kelahirannya, Selasa, 12 November 2018. 

Jika kepulangan perdananya, Selasa, 4 September 2018 silam, untuk tepuk tepung tawar dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, kali ini Sandi akan didampingi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), ZUlkifli Hasan. 

"Kedua tokoh nasional tersebut berada di Pekanbaru, Riau, dalam rangka Tour Sumatera Ketya Umum PAN Zulkifli Hasan dan Cawapres Sandiaga Uno. Tur ini di Pulau Melayu ini meliputi Sumatera Utara, Riau dan Sumatera Selatan," kata Sekretaris DPW PAN Riau, Tengku Zulmizan Farinja Assegaf, kepada RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu, 10 November 2018. 

Baca Juga: 

Habib Rizieq Dukung Prabowo-Sandi, FPI Riau Siap Awasi TPS

Zulmizan yang juga Caleg PAN Nomor Ururt 1 untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Riau II meliputi Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi (Kuansing), Pelalawan, Siak, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir, mengatakan, Tur Sumatera akan dimulai lusa, Senin, 11 November hingga Rabu, 13 November 2018. 

Sekretaris Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Riau Koalisi Indonesia Adil Makmur Prabowo-Sandi tersebut menjelaskan, Sandi dan Zulkifli Hasan beserta rombongan mendarat Selasa pagi, 12 November 2018 di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, dari Bandara Kualanamu, Medan.

"Sandi dan Bang Zul (Ketum PAN) akan mengikuti rangkaian kegiatan sudah disiapkan dan sangat sangat padat, dari pagi hingga jelang tengah malam," kata Zulmizan.

Mantan aktivis Mahasiswa Universitas Riau tahun 1990-an ini menjelaskan, begitu mendarat Sandi akan langsung diboyong ke Pasar Panam, Tampan, untuk melakukan peninjauan dan dialog dengan pedagang kecil sambil sarapan.

Dari sana, tutur Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Pelalawan ini, Sandi dan Zulkifli Hasan menuju Rumah PAN Riau untuk berinteraksi dengan ribuan emak-emak serta lebih dari 100 grup rebana se-Kota Pekanbaru.

Klik Juga: 

Rumbai, Dumai, Dan Sandiaga Salahuddin Uno

"Pada sesi ini kami juga akan memberi kesempatan kepada beberapa simpul relawan Prabowo-Sandi ingin mendeklarasikan diri di hadapan Cawapres dan Ketua Umum PAN," jelasnya. 

Dari Rumah PAN Riau, Sandi bergerak menuju Kompleks Pesantren Babussalam. "Di sini selain bersilaturrahim, Sandi dan Zulkifli Hasan akan menunaikan Salat Zuhur, makan siang dan berkuda," tuturnya. 

Dari Babussalam Sandi berkunjung ke Komplek UMKM Al Amin di Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kampar. Kemudian dibawa mampir di Desa Sei Petai Kampar Kiri Hilir menyapa masyarakat, sebelum tiba di Desa Lipatkain, Kampar Kiri, Kampar untuk menemani Zulkifli Hasan meresmikan stadion milik masyarakat sekaligus melakukan kick off pertandingan sepakbola eksebisi antara PSPS Pekanbaru vs PSP Padang.

"Kabarnya, ini adalah permintaan khusus dan penghormatan dari masyarakat adat Persukuan Kenegerian Lipatkain kepada Zulkifli Hasan dan Sandi meresmikan sekaligus memberi nama komplek olahraga swadaya masyarakat bernilai lebih dari Rp 6 miliar didirikan di atas lahan 9,8 ha tersebut," jelasnya. 

Sandi, tutur Zulmizan, sangat tertarik, karena komplek olahraga tersebut terdiri dari tiga bangunan, antara lain stadion mini sepakbola, lapangan futsal dan Hall Bulutangkis.

"Ini murni partisipasi masyarakat setempat tanpa satu sen pun dibantu uang negara, baik APBN ataupun APBD. Sepenuhnya hasil hutan tanah ulayat dikelola secara produktif dan profesional," jelasnya. 

Baca Juga: 

Bercarut, Sandiaga Kecil Dicabe Oleh Ibunda Tercinta

Barang kali, tuturnya, ini bisa menjadi contoh kemandirian pembangunan oleh masyarakat di tengah-tengah minimnya alokasi anggaran pembangunan.

Dari Stadion, Sandi akan ikut panen jeruk bersama Petani Emak-emak di Desa Teluk Paman, bertetangga dengan Lipatkain. "Kalau masih tersedia cukup waktu, kami akan ajak Bang Sandi dan Bang Zul berziarah ke makam Syekh Burhanuddin, Ulama Besar pendakwah Islam lebih tua daripada Wali Songo, tak jauh dari situ," ungkap Zulmizan.

Setelah selesai, rombongan kembali ke Pekanbaru. Usai Salat Maghrib, Sandi akan mengikuti Forum Sosialisasi Oke Oce. Lanjuut, kembali ke Rumah PAN Riau untuk kegiatan Konsolidasi Pengurus dan Caleg PAN se-Riau dengan mengundang pimpinan partai-partai koalisi.

Dari sana Sandi dibawa ke Warkop Pinggiran 45 untuk "Forum Motivasi Wirausahawan Muda/Milenial". Kegiatan terakhir, Sandi berkunjung ke salah satu Gerai 212 Mart. "Lalu istirahat, besoknya pagi-pagi rombongan akan terbang ke Palembang," pungkasnya. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE  

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id