Aktual, Independen dan Terpercaya


Ramah Lingkungan dan Tak Berisik, Motor Listrik Ini Mulai Dilirik di Riau

Motor-listrik-yang-dipamerkan-booth-PLN-di-Riau-Expo.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/SIGIT EKA YUNANDA)


LAPORAN: SIGIT EKA YUNANDA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Keberadaan motor listrik di booth PT PLN (Persero) pada gelaran Riau Expo menyedot perhatian masyarakat. Bagaimana tidak, motor listrik ini sangat unik sebab tidak memiliki knalpot dan sama sekali tidak mengeluarkan suara saat berjalan.

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID pada Selasa, 6 November 2018 malam, beberapa masyarakat terlihat antusias mencoba motor tersebut berkeliling kawasan Riau Expo.

“Unik sih, enggak ada asap bahkan suara mesinnya, jadi lebih ramah lingkungan. Tapi karena enggak ada suaranya harus hati-hati, biar pengendara lain tahu ya harus sering tekan klakson,” ujar Haldi, salah seorang pengunjung Riau Expo usai menjajal motor tersebut.

Motor berjenis Viar Q1 ini merupakan produksi PT. Viar yang bekerjasama dengan PLN secara nasional. Bahkan di sejumlah daerah mulai digunakan sebagai kendaraan operasional petugas PLN dalam melayani masyarakat.

Motor ini ditenagai dengan baterai jenis lithium ion dengan spesifikasi 60v-2AH yang dapat digunakan berkendara sejauh 60 KM sebelum harus diisi ulang dengan listrik 220 VA selama 5-7 jam melalui soket yang terdapat di bawah Jok. Sedangkan untuk kecepatan mampu berjalan hingga kecepatan 60-70 KM/jam. Namun untuk urusan akselerasi sepertinya belum terlalu dapat diharapkan apalagi dibandingkan dengan motor berbahan bakar bensin.

Berbicara desain, Viar Q1 mengusung tema futuristic yang elegan dan stylish. Desain yang membulat memberi kesan luwes pada motor ini terlebih lagi postur motor boleh dikatakan kecil. Selain itu kehadiran penerangan mulai dari lampu depan, sein hingga lampu belakang yang keseleruhan merupakan LED tentu menyesuaikan dengan konsumsi listrik motor.

Selain itu, kehadiran panel indikator speedometer full digital yang dilengkapi dengan kapasitas baterai dan jarak tempuh sangat futuristik dan memudahkan pengendara.

Melihat potensi motor ini bukan tidak mungkin akan segera dipasarkan ke masyarakat.

“Animo masyarakat sangat tinggi terhadap kehadiran motor listrik ini. Apalagi melihat desain dan spesifikasinya sepertinya akan sangat cocok digunakan oleh ibu rumah tangga untuk mengantar anak ataupun belanja,” ujar Faisal dari Unit Pelayanan Pelanggan PLN yang sedang bertugas di Riau Expo 2018.

Tuntutan zaman akan membuat cadangan minyak bumi sebagai sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui akan semakin menipis, sehingga alternatif penggunaan energi listrik dalam bidang transportasi harus ditingkatkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan motor listrik. Tertarik mencoba?