BBKSDA Riau Kembalikan Satwa-satwa Liar Ini ke Hutan

satwa-liar-yang-dilepasliarkan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Lebih dari lima ekor satwa liar yang diselamatkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau kembali dilepasliarkan ke habitatnya di hutan lindung, yang jauh dari pemukiman warga Riau.

Humas BBKSDA Riau, Dian Indrawati mengatakan bahwa satwa yang dilepaskan itu yakni dua ekor Beruang Madu (Helarctos malayanus), satu ekor Macan Akar (Felis bengalensis) dan satu ekor Kukang (Nycticebus coucang).

"Juga, ada enam orang yang menumpangi dua kendaraan sambil membawa satu ekor beruang dan satwa lainnya," katanya, Rabu, 7 November 2018.

Satwa tersebut, kata Dian, berasal dari kandang transit milik BBKSDA Riau hasil dari penyerahan warga, penyitaan maupun temuan lainnya.

Pelepasan tersebut dilakukan agar satwa tersebut dapat berkembang biak secara alami serta menghindari mereka dari kepunahan.

Di kesempatan yang berbeda, salah satu dokter milik BBKSDA Riau, drh. Rini Deswita mengatakan bahwa pelepasan satwa ini telah mengikuti aturan serta prosedur yang berlaku. Di antaranya melakukan pemeriksaan kesehatan serta melakukan observasi.

"Satwa yang dilepasliarkan ini telah dilakukan pengecekan kesehatan sampai telah kita lakukan observasi," jelasnya.

Pelepasan satwa liar ini juga bertepatan dengan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang jatuh pada 5 November 2018 lalu.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id