Menyantap Lezatnya Sate Ayam Pacitan di Pekanbaru

Pemilik-usaha-Sate-Ayam-Pacitan-Haji-Bagus.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FATMA KUMALA)


LAPORAN: FATMA KUMALA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sate menjadi salah satu makanan Indonesia yang juga digemari wisatawan asing. Beberapa daerah di Indonesia punya olahan sate yang khas. Mulai dari sate padang, sate madura, sate marangi Purwakarta, dan sate rembiga Nusa Tenggara Timur.

Di Pekanbaru, pengolahan sate dengan cita rasa baru bertambah. Di ruas Jalan Lobak terdapat penjual sate yang selalu ramai pembeli, Sate Ayam Pacitan.

Letaknya hanya beberapa kilometer dari simpang lampu merah Jalan Delima. Tepatnya, di Perum Griya Melati Permai Blok A8, Jalan lobak Ujung atau Jalan Melati Indah, Panam, Pekanbaru.

Sate Ayam Pacitan sendiri adalah sate ayam yang disiram dengan bumbu kacang. Keunikan sate ini terletak pada kuah gulai yang biasa disebut gulai terik, sejenis gulai kari dengan citarasa berbeda yang ikut disajikan dalam satu porsi sate.

Selain itu, potongan cabai rawit, bawang merah, tomat dan kecap menjadi pelengkap kenikmatan sate yang memiliki potongan daging ayam yang besar-besar ini.

Satu porsi Sate Ayam Pacitan dapat dinikmati dengan harga Rp 15.000 saja. Murah dan sepadan dengan kepuasan yang didapat.

Pemilik usaha ini, Haji Bagus mengatakan usaha yang saat ini dirintisnya adalah usaha turun-temurun.

"Jadi memang usaha ini adalah usaha turun temurun. Ibu saya punya usaha ini, tapi beliau tidak buka warung. Hanya kalau ada yang pesan baru buat. Nah saya memberanikan diri untuk membuka warung dan menawarkan sate dengan citarasa berbeda kepada Warga Pekanbaru. Harapannya bisa diterima dengan baik," sebutnya, Selasa 6 November 2018.

Menurutnya, sate ayam khas Pacitan ini memang sedikit berbeda dari kebanyakan sate yang ada di Pekanbaru.

"Kalau bicara bumbu tentu beda. Sebelum dibakar, sate terlebih dahulu dilumuri oleh bumbu rahasia. Ini agar daging ayamnya nikmat. Setelah dilumuri pakai bumbu rahasia, ayam dibakar hingga matang dan berwarna kecoklatan. Setelah itu baru disiram dengan kuah kacang dan gulai terik khas pacitan beserta potongan cabai rawit, bawang merah, tomat dan juga kecap. Lengkap dengan potongan lontongnya," jelasnya.

Sate Ayam Pacitan mulai melayani pembeli mulai pukul 16.00 WIB setiap harinya. Jika tak ingin melewati sensasi lezat sate ini, datanglah lebih awal agar tak kehabisan.

Haji Bagus juga menerima pemesanan untuk momen-momen kebersamaan. Pemesanan bisa dilakukan dengan menghubungi 0813 6523 3309.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id