Waspada, 3 Pintu PLTA Koto Panjang Dibuka

Pintu-Air-PLTA-Kotopanjang.jpg
(Rizal)


LAPORAN: AHMAD ARFIAN

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Minggu 4 November, tepatnya pukul 14:00 WIB siang, dilakukannya pembukaan 3 pintu waduk PLTA Koto Panjang. Adapun pintu waduk yang dibuka yaitu pintu 1,3 dan 5.

Hal ini disebabkan tingginya curah hujan di daerah hulu waduk PLTA Koto Panjang. Besarnya debit air masuk atau inflow waduk PLTA Koto Panjang mengakibatkan elevasi sungai meningkat 82 cm di atas permukaan laut (mdpl).

"Waduk PLTA Koto Panjang hasil pengamatan kami selama 24 jam, inflow rata-rata yang masuk ke waduk sebesar 1200 meter kubik perdetik yang mengakibatkan kenaikan elevasi 82 cm," jelas Manajer Pusat Listrik Unit Pembangkit Koto Panjang, Muhammad Rusdi.

Lebih lLanjut, Muhammad Rusdi mengungkapkan pembukaan pintu pelimpah dengan 3 pintu kali 30 cm dengan masing-masing interval 5 unit, diperkirakan akan terjadi kenaikan di elevasi sungai antara 30 dan 60 cm.

Dengan kondisi tersebut, warga diimbau berhati-hati dan tetap waspada, terutama yang berada di sekitaran sisi hilir Sungai Kampar.

"Diperkirakan akan ada kenaikan di elevasi sungai antara 30 dan 60 cm, diharapkan masyarakat yang berada di sisi hilir Sungai berhati-hati dan terus waspada," tambahnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id