Aktual, Independen dan Terpercaya


Ini Masyarakat Terdampak Bencana yang Layak Terima Bantuan Dinsos Riau

Banjir-di-Tampan.jpg
(Ridhatul Hayati)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau Dahrius Husein menyebutkan tahapan untuk memberikan bantuan logistik hingga ke seluruh wilayah Riau.

Bantuan diberikan untuk daerah di Riau yang terdampak bencana alam, seperti banjir, tanah longsor sampai kebakaran yang tidak diinginkan.

"Bantuan kita semuanya kita stokkan dan berada di gudang. Artinya kita standby terus," katanya, Senin, 5 November 2018.

Adapaun logistik yang disalurkan berupa alat memasak, pakaian sekolah, makanan siap saji, karpet, selimut serta fasilitas yang ada seperti kendaraan roda empat dan dua sampai mobil dapur lapangan.

"Serta matras, selimut, makan hingga kebutuhan yang diperlukan oleh para pengungsi. Semuanya kita siapkan," jelasnya.

Namun, Darius menegaskan bahwa bantuan tersebut hanya dapat disalurkan jika keadaan masyarakat di lapangan masuk dalam golongan bencana.

"Seperti pintu PLTA yang dibuka kemarin itu. Tapi kenyataannya di hilir tinggi air 30-60 meter. Sementara Sungai Kampar dangkal dan sampai hari ini belum meluap. Jika keadaannya seperti itu kita hanya bisa bantu bagaimana mereka nantinya bisa selamat," jelasnya.

Untuk memastikan keadaan, dirinya juga akan menurunkan tim yang akan turun ke lapangan berfungsi agar bantuan tepat sasaran dan memang menyasar hanya untuk para pengungsi.

"Di sana kita akan turunkan staf bidang kita untuk berkordinasi untuk memberikan perbekalan kepada masyarakat kita di sana," jelasnya.