Banjir Surut, Warga Pangkalan Bunut Kembali Beraktivitas

Banjir-di-bunut.jpg
(ISTIMEWA)


RIAU ONLINE, PELALAWAN - Ketinggian air yang merendam Dusun Sungai Medang, Kelurahan Pangkalan Bunut, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan berkurang dan mulai surut, Kamis, 25 Oktober 2018.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio, mengatakan banjir yang sempat menggenangi akses jalan hingga halaman dan rumah warga berkurang drastis.

Kini ketinggian air sudah berada di 20 sampai 30 cm, dibandingkan dengan Rabu, 24 Oktober kemarin, yang mencapai 60 cm.

"Air surut lantaran satu hari kemarin hujan tidak turun. Jadi mulai turun. Karena dipengaruhi intensitas hujan," kata Hadi.

Baca Juga: 11 Rumah di Pelalawan Digenangi Banjir Luapan Sungai Medang

Menurutnya, aktivitas warga Dusun Sungai Medang mulai normal kembali. Sebelumnya, untuk mengakses jalan dan dievakuasi menggunakan perahu karet sudah bisa dilalui dengan berjalan kaki.

 

Khusus anak sekolah yang hendak belajar perlu dibantu diseberangkan pakai perahu milik BPBD yang dikirim sejak banjir datang.

Pelajar diminta naik ke perahu yang dioperasikan tim BPBD kemudian dikayuh dan ditarik ke seberang. Tetapi sebagian siswa memilih mengarungi banjir yang tinggal setinggi lututnya, sambil bermain air.

Klik Juga: Waspada, Debit Air Sungai Kampar di Pelalawan Meningkat Sepekan Terakhir

"Jika hari ini hujan tidak turun, itu akan semakin surut dan mengering. Trendnya seperti ini. Karena areal tangkapan air yang bergantung dengan air dari hulu," tandasnya.

Namun, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pelalawan tetap siaga di lokasi untuk memberikan pertolongan kepada warga yang terdampak banjir. Sekaligus mengantisipasi jika air kembali naik akibat meluapnya Sungai Kepojan. (****)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE  

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id