Aktual, Independen dan Terpercaya


Esok, 142 Cakades Bertarung di Pilkades Pelalawan Serentak 2018

Pilkades-serentak.jpg
(Net)

 


RIAU ONLINE, PELALAWAN - Sebanyak 43 desa di Kabupaten Pelalawan akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2018, Rabu, 17 Oktober 2018.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pelalawan, Zamhur Das, menyebutkan 43 desa yang mengikuti Pilkades berasal dari 11 kecamatan di Pelalawan. Namun satu kecamatan, yakni Langgam tidak menggelar Pilkades, sebab sudah mengikuti pada tahap pertama pada 2015 silam.

"Kecamatan terbanyak yang ikut pilkades yakni Pangkalan Kuras, ada 12 desa. Paling sedikit Pangkalan Kerinci hanya satu desa saja," sebut Zamhur Das, Selasa, 16 Oktober 2018.

Sebanyak 142 Calon Kepala Desa (Cakades) akan bertarung memperebutkan kursi orang nomor satu di pemerintahan desa. Setiap desa diwakili tiga sampai lima orang Cakades sesuai aturan Undang-Undang.

Sementara, Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 43 desa peserta Pilkades mencapai 123 dengan jumlahnya yang bervariasi, sesuai dengan luas wilayah dan jangkauan. Sedangkan TPS terbanyak berada di Desa Lubuk Kembang Bunga Kecamatan Ukui yang mencapai 12 TPS.

"Sebagian TPS ada yang berada di daerah terpencil dan susah sinyal. Ini menjadi salah satu perhatian khusus," kata Sekretaris DPMD Pelalawan, Novri Wahyudi

Untuk anggaran Pilkades serentak, DPMD telah menyiapkan Rp 1,3 Miliar untuk seluruh desa. Proses pencairannya sudah diangsur sejak bulan lalu. Pembagian anggaran setiap desa berdasarkan jumlah pemilih, luas wilayah, dan jumlah TPS.

Saat ini merupakan masa tenang yang terakhir sebelum hari pencoblosan. Tim DMPD sedang melakukan monitoring ke beberapa desa untuk memantau dan mengecek persiapan panitia pilkades. (****)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id