Aktual, Independen dan Terpercaya


Difungsikan Tahun Depan, Asrama Haji Antara Riau Terkendala Ini...

Proyek-pembangunan-asrama-haji-riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Untuk dapat memfungsikan Asrama Haji Antara di tahun 2019 mendatang, Pemerintah Provinsi Riau kembali harus memutar otak di tengah minimnya angggaran akibat tunda salur yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat. Pasalnya, beberapa fasilitas yang kini telah dibangun dan dimiliki sebelumnya malah dianggap belum memenuhi standar batas bawah untuk sebuah Asrama Haji Antara.

"Dari hasil kunjungan kita tadi, ada beberapa fasilitas yang harus ditambah. Karena itu penting. Kalau tidak, maka akan mengurangi standar yang kita patok untuk sebuah asrama haji," kata Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama RI, Nizar Ali, Selasa, 16 Oktober 2018.

Beberapa fasilitas itu seperti gudang yang sempit dan kantor layanan mitra untuk mendukung kelancaran jamaah haji asal Riau sebelum diberangkatkan ataupun sebelum kembali ke rumah masing-masing.

"Yang pertama itu adalah gudang. Itu gunanya untuk penyimpanan koper dan air zam-zam jamaah. Yang kedua adalah kantor layanan mitra kita seperti imigrasi, KKP, Bea Cukai dan lainnya. Itu mencapai 10 mitra," jelasnya.

RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA

Baca Juga: Kemenag Jamin 2019 Riau Sudah Fungsikan Asrama Haji Antara

"Sedangkan untuk kantor tidak ada masalah. Kamarnya sudah dihitung dan memenuhi untuk satu kloter ditambah tempat menginap petugas. Aula penerimaan dan pemberangkatan juga sudah clear. Tapi toiletnya belum ada. Pakai saja toilet portable," lanjutnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim mengatakan untuk melengkapi kekurangan dari fasilitas Asrama Haji Antara, akan dikerjakan dengan segera dengan memakan waktu yang tidak terlalu lama.

Wan Thamrin bahkan menargetkan Oktober ini pihaknya akan persiapkan fasilitas dan akan rampung dengan segera.

"Untuk kekurangan, kita targetkan penyiapan bulan Oktober ini akan selesai. Habis itu akan kita laporkan ke tim teknisnya langsung," tegasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id