Aktual, Independen dan Terpercaya


Di depan 1169 Wisudawan dan Orangtua, Rektor Sampaikan Prestasi Unilak

Universitas-Lancang-Kuning.jpg
(ISTIMEWA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Universitas Lancang Kuning (Unilak) menggelar sidang senat terbuka dalam rangka wisuda sarjana LVII dan magister VII Ballroom Hotel Labersa, Sabtu(13/10).

Wisuda LVII ini diikuti oleh lebih dari 1169 wisudawan dari 9 fakultas dan program studi pascasarjana Unilak. Dengan rinciannya yaitu fakultas ilmu administrasi 132 orang, fakultas ekonomi 320 orang, fakultas teknik 56 orang, fakultas pertanian 54 orang, fakultas hukum 244 orang, fakultas ilmu budaya 91 orang, fakultas kehutanan 12 orang, fakultas ilmu komputer 103 orang, FKIP 98 orang, dan pascasarjana 59 orang. Selain itu, universitas Lancang Kuning juga memberikan penghargaan kepada 10 orang pemuncak wisuda dari 9 fakultas dan Pascasarjana Unilak.

Rektor Unilak yang dalam sambutannya menjabarkan secara jelas dan rinci berbagai prestasi dan kemajuan yang diraih oleh Unilak, di bidang prestasi, mahasiswa unilak juara nasional debat di Gorontalo, juara debat bahasa Inggris tingkat Sumatera, juara bidang seni, juara di bidang kewirausahaan, bidang olahraga mahasiswi Unilak membela Indonesia di Asian Games 2018, juara umum pencak silat, juara panahan dan lain-lain.

Selain itu prestasi dosen Unilak juga disampaikan oleh rektor, beberapa dosen unilak mendapatkan beasiswa doktor di Taiwan, kemudian dosen Unilak mendapat studi singkat dan mengajar di universitas ternama di Amerika Serikat.

"Saat ini Unilak telah membangun gedung baru pascasarjana, untuk institusi Unilak telah mengadakan berbagai seminar internasional yang terpublikasi di jurnal internasional, di bidang penelitian dan pengabdian dosen, Unilak juga mengalami peningkatan baik dari segi anggaran maupun kuantitas ada penelitian, Unilak juga melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dalam dan luar negeri," ujarnya.

ISTIMEWA

Keberhasilan dan prestasi yang diraih oleh Unilak di bawah pimpinan rektor Hasnati ini diapresiasi oleh Ketua Yayasan Raja Ali Haji Irwan Effendi. Di hadapan wisudawan ia mengucapkan terimakasih kepada orangtuanya yang telah mempercayakan kepada Unilak untuk menimba ilmu.

"Sebagai orangtua, Bupati Rokan Hulu (Sukiman) saja mempercayakan anaknya untuk kuliah di Unilak dan menjadi pemuncak (hari ini), tentu kita juga harus percaya dengan Unilak sebagai kampus unggul," Irwan.

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah X Heri dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Unilak, civitas Unilak, orangtua dan wisudawan Unilak telah membantu pemerintah dalam memperluas akses masyarakat untuk dapat berkuliah di perguruan tinggi.

"Perubahan akan selalu terjadi, tantangan itu semakin lama semakin meningkat, sekarang tantangannya adalah masuknya perguruan tinggi asing ke Indonesia, revolusi industri 4.O dan globalisasi," ujar Heri.

Di acara wisuda itu rektor dan wakil rektor I memberikan penghargaan kepada 10 pemuncak wisudawan dari masing-masing fakultas dan Pascasarjana.

"Alhamdulillah senang dan bangga bisa selesai kuliah, saya jadi pemuncak enggak ditargetkan, saya jalani saja. Dan selama proses kuliah dosen sangat membantu dan memberikan motivasi," ujar Meta Riyanti salah satu pemuncak saat ditemui

Di akhir acara seluruh wisudawan dilakukan prosesi tepuk tawar yang dilakukan oleh Rektor, Guru Besar Unilak, Ketua Yayasan, Kepala LLDIKTI dan Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Pengawas Pendidikan Riau Joyosman.

Hadir juga dalam wisuda ini yaitu Sekretaris Yayasan Raja Ali Haji Muhammad Thamrin, Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Pengawas Pendidikan Riau Joyosman, Guru Besar Unilak Syafrani dan Sudi Fahmi, Wakil Rektor I Junaidi, Wakil Rektor II Erminasari, Wakil Rektor III Eddy Asnawi, jajaran dekan, senat dosen, Ika alumni Unilak dan lain lain.