Pemprov Riau Sebut Daerah Pesisir Butuhkan Rumah Layak Huni

Ilustrasi-rumah-layak-huni.jpg
(Net)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Riau, Muhammad Amin mengatakan bahwa program 1 juta rumah yang pengerjaannya digagas oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tidak akan mudah dimiliki oleh sembarangan warga Riau.

Pasalnya, rumah layak huni itu akan menyasar masyarakat kalangan tertentu saja. Hal yang diperhatikan antara lain indikator lama menetap, penghasilan, status kepemilikan tanah sampai status rumah tangga.

"Jadi, rumah layak huni yang digagas sudah lama itu akan menyasar kalangan masyarakat yang tak memiliki rumah sampai keluarga miskin yang memiliki rumah tak layak huni," katanya, Rabu, 10 Oktober 2018.

Muhammad Amin menyebutkan beberapa wilayah Riau seperti daerah pesisir yang ada di Kepulauan Meranti, Rokan Hilir sampai Indragiri Hilir menjadi sasaran pihaknya.

"Data yang berhasil kita himpun bahwa banyak warga kita yang berada di pesisir Meranti, Rohil, Inhil banyak rumah mereka yang belum layak huni," ujarnya.

Baca Juga: Musda Ke-IV APERSI Targetkan 5 Ribu Rumah Untuk Masyarat Riau

Amin merincikan bahwa dari beberapa wilayah yang disebutkannya itu, terdapat sebanyak 218 ribu unit rumah yang benar-benar kehadirannya sangat diperlukan dari total 6.6 juta jiwa warga Riau.

"Untuk itu makanya rumah layak huni ini diperlukan sekali. Khusus untuk Riau, saya harapkan sinergitas dalam membangun rumah layak huni juga harus dilakukak," tegasnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Ketua Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (APERSI) Riau, Idham Khalik mengatakan bahwa demi mendukung program pemerintah, mereka tengah menyiapkan sekitar 5 ribu unit rumah layak huni untuk warga Riau.

"APERSI sendiri dalam membuat bangunan tentunya memperhatikan mutu bangunan. Lokasi juga salah satu pendongkrak penjualan di Pekanbaru ini. Target kita ditahun ini akan menyiapkan 5000 unit rumah layak huni," jelasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE  

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id