Sambangi UMRI, Syamsuar Tegaskan Komitmen Bangun Riau Bersama

Syamsuar-Edy-pemenang-pilgubri-2018.jpg
(Hasbulah Tanjung)


LAPORAN: SIGIT EKA YUNANDA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Meski sudah menjalankan beberapa kegiatan dalam sehari termasuk pertemuan dengan sejumlah daerah dan kunjungan sejenis di Universitas Muhammadiah Riau (UMRI) sebelumnya, Gubernur Riau Terpilih Syamsuar didampingi Wakil Gubernur Riau terpilih Edy Natar Nasution tetap semangat berdiskusi dengan dosen-dosen pengajar di Universitas Abdurrab di Kampus Univrab pada Selasa, 8 Oktober 2018.

Disambut langsung oleh Rektor Universitas Abdurrab Arisman Adnan dan Pembina Yayasan Susiana Tabrani, pasangan Gubernur-Wakil Gubernur terpilih tersebut terlihat akrab bahkan sempat melakukan bincang-bincang intensif dan melihat proyek rekonstruksi yang sedang berjalan di universitas Tersebut.

Berlanjut ke sesi silaturahmi dan diskusi yang dihadiri oleh dosen-dosen pengajar, Syamsuar yang masih tercatat sebagai Bupati Siak tersebut menjelaskan mengenai misi dan program yang akan diupayakan pada masa kepemimpinannya bersama Edy Natar Kelak. Syamsuar menegaskan pentingnya mengubah orientasi berpikir dan berkarya dari yang mengandalkan Sumber Daya Alam (Natural Resources) menjadikan Sumber daya Manusia (Human Resources) sebagai tumpuan.

Baca Juga: Didatangi Gubernur Riau Terpilih, Umri: Budaya Melayu Mata Kuliah Wajib

Ia menegaskan sumber daya alam akan usang dan habis sementara sumber daya manusia akan terus ada dan berkembang. Untuk itu, dia menegaskan untuk meningkatkan sumber daya manusia Riau melalui pendidikan tidak hanya pendidikan formal namun juga pendidikan agama. Hal ini dirasa penting sebab kecerdasan intelektual jika tidak diimbangi kecerdasan emosional dan Spiritual tidak akan maksimal bahkan mungkin disalahgunakan seperti pelaku-pelaku korupsi.

Dalam komitmennya Syamsuar berharap universitas dapat membuat jalur khusus bagi putra-putri daerah yang cerdas secara intelektual dan spiritual agar diberi kesempatan maksimal semisal jalur khusus masuk ataupun beasiswa pendukung. Hal ini dimaksudkan agar kedepan Riau memiliki bibit-bit yang siap berkontribusi untuk Riau sebagai kampung halamannya.

Selain itu Syamsuar menegaskan akan meningkatkan sistem pendidikan sekolah dasar hingga sekolah menengah atas dengan sistem pendidikan Kabupaten Siak sebagai role model. Aspek kesehatan juga menjadi perhatian khusus. Revitalisasi peran Puskesmas sebagai instansi kesehatan terdekat dengan masyarakat khususnya di daerah juga menjadi prioritas.

Semangat tersebut juga disambut dengan baik oleh dosen-dosen yang hadir dan berkomitmen untuk membantu Syamsuar dan Edy Natar dalam kapasitas sebagai akademisi dalam membuat riset-riset yang mendukung kinerja pemerintah dan proses transfer ilmu dalam upaya pemantapan putra-putri Riau.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id