Aktual, Independen dan Terpercaya


Dolar Tembus Rp 15 Ribu, Pemprov Riau: Tidak Berpengaruh di Riau

Sekdaprov-Hijazi2.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi mengatakan bahwa melemahnya mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat hingga menembus angka Rp 15 ribu tidak begitu berdampak bagi Pemerintah Provinsi Riau.

Menurutnya, hal ini dikarenakan tidak begitu banyak produk buatan asing yang digunakan kemudian malah berdampak dan berimbas bagi daerah termasuk Provinsi Riau.

Selain itu, juga karena telah diperkuat oleh menjamurnya produk buatan dalam negeri yang beredar dan dipasarkan termasuk di Provinsi Riau.

"Untuk Riau sendiri kenaikan dolar itu tidak terlalu berpengaruh karena bahan-bahan seperti bangunan dan lainnya sudah lokal semua. Selagi lokal, kita masih aman," katanya, Senin, 9 Oktober 2018.

Tambahnya, meskipun saat ini dolar semakin menguat, tidak begitu berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi, bahkan saat ini Riau malah berbalik arah banyak melakukan ekspor.

"Kalau untuk ekspor mestinya kita kemasukn devisa. Itupun kalau ada. Sebenarnya, proyeksi pendapatan itu tidak semata-mata dilihat dari kenaikan harga," jelasnya.

"Semua itu akan sah kalu telah dibuat Perpresnya yang tentu nanti akan berlaku di APBN," jelasnya.