Aktual, Independen dan Terpercaya
ÔĽŅ

UNRI Dampingi Masyarakat Maksimalkan Potensi Wisata

Universitas-Riau.jpg
(internet)


LAPORAN: SIGIT EKA YUANDA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tim Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau (UNRI) melakukan kegiatan pengabdian di Kawasan Ekowisata Dermaga Tepian Air Mahligai yang terletak di Pulau Gadang Kecamatan XII Koto Kampar, Kabupaten Kampar pada 4 Oktober 2018.

Tim LPPM UNRI diwakili Tim Arsitektur Dosen Pedia Aldy. Tim yang diketuai Gun Faisal ini terdiri dari Yohannes Firzal, Andre Novan, dan Muh. Arief Al Husaini.

Kegiatan ini merupakan sebagai bentuk upaya pendampingan terhadap masyarakat oleh Tim Arsitektur UNRI untuk memaksimalkan pemberdayaan masyarakat khususnya dalam membuka ruang kreativitas masyarakat melalui pengelolaan objek wisata.

Hal ini dilakukan karena Kawasan Wisata Dermaga Tepian Air Mahligai merupakan objek wisata baru sehingga masih diperlukan upaya pemaksimalkan potensi wisata, mulai dari revitalisasi objek wisata, fasilitas umum yang mendukung dan membuka ruang bagi masyarakat untuk dapat bekerja dan menjadikan objek wisata tersebut sentra ekonomi warga sekitar.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dermaga Tepian Air Mahligai Sarpawi kepada tim arsitektur UNRI, Kamis, 4 Oktober 2018 mengungkapkan objek wisata Tepian Air Mahligai merupakan murni swadaya dan kesadaran masyarakat setempat dalam upaya pengembangan masyarakat dan upaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui objek wisata ini.

Dalam kegiatan pengabdian ini, Tim Arsitekur memberikan pendampingan berupa pembuatan masterplan pengembangan Kawasan Wisata Dermaga Tepian Air Mahligai. Melalui masterplan ini diharapkan proses pengembangan kawasan wisata ini dapat dilaksanakan dengan terarah dan terukur.

Kawasan wisata Dermaga Tepian Mahligai sejatinya sudah beroperasi beberapa waktu, namun dirasa belum maksimal dan membutuhkan upgrade. Objek wisata ini berlokasi tidak jauh dari Ulu Kasok salah satu kawasan wisata yang juga familiar di masyarakat Riau.

Objek wisata Dermaga Tepian Air Mahligai dapat dijangkau dengan mudah sebab berada dekat Jalan Lintas Riau-Sumbar. Sejumlah wahana seperti perahu bebek, ATV, dan waterball dapat dinikmati bersama keluarga di lokasi wisata tersebut.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online, 

Follow Instagram riauonline.co.id