Ketika TNI AU Lanud Rsn Halau 2 Pesawat Tempur Asing

2Komandan-Lanud-Roesmin-Nurjadin-Rsn-Marsma-TNI-Ronny-Irianto-Moningka.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jelang peringatan HUT TNI ke-73, TNI dikejutkan dengan kehadiran pesawat tempur asing di langit Indonesia. Beruntung, TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin berhasil menghalau pesawat tempur asing itu.

Tak tanggung-tanggung, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn), Marsma TNI Ronny Irianto Moningka mengatakan bahwa pesawat yang tak diketahui asal usulnya tersebut berjumlah dua unit.

"Armada kita berhasil menghalau dua unit pesawat tempur asing tak dikenal yang memasuki wilayah Indonesia," katanya, Jumat, 5 Oktober 2018.

Tambahnya, pesawat asing tersebut terpantau saat berada di ketinggian 15 ribu meter di atas perairan Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau. Mendapatkan laporan tak mengenakkan tersebut, Lanud Rsn langsung bertindak cepat dengan menurunkan pesawat tempur berjenis F-16.

"Kita mendapatkan laporan dari Pangkosekhanudnas dan kami langsung menurunkan F-16. Di sana kita airbone yang terlihat sasaran berada di atas kepulauan Natuna," jelasnya.

Danlanud menambahkan seketika dua unit pesawat yang terpantau pukul 14.00 WIB tersebut segera meninggalkan wilayah udara Indonesia karena mengetahui kedatangan pesawat tempur milik Indonesia.

"Karena kita mendekat. mereka yang juga memiliki radar kemudian keluar. Saat itu juga kita lakukan patroli terpadu di lokasi," imbuhnya.

"Selanjutnya Panglima TNI langsung memerintahkan untuk menyiagakan pesawat tempur kita untuk menghindari kejadian seperti ini," tegasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id