Aktual, Independen dan Terpercaya


Gelar Rapat Besar, FKKM Riau Rombak Kepengurusan

Koordinator-FKKM-Riau-M.-Mardhiansyah3.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Di penghujung kepengurusannya, Forum Kordinasi Kehutanan Masyarakat Riau (FKKM) Wilayah Riau menggelar rapat besar keanggotaan siang hingga malam, Kamis, 4 Oktober 2018.

Koordinator FKKM Riau, M. Mardhiansyah mengatakan bahwa rapat besar itu akan memilih koordinator baru dengan masa jabatan selama satu setengah tahun.

"Kepemimpinan FKKM itu sebenarnya kolektif yang memiliki utusan DPW sebaya lima orang dan satu koordinator yang digilir selama satu setengah tahun. Mereka telah menghabiskan masa periode 2015-2018," katanya, Kamis, 4 September 2018.

Tambahnya, dari tiap-tiap kamar seperti akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), pemerintahaan sampai pihak swasta akan memilih satu sekretaris wilayah (sekwil).

"Biasanya, untuk sekwil akan dipegang oleh kawan-kawan dari NGO karena banyak berada di lapangan dan memiliki waktu," jelasnya.

Juga selain itu rapat ini juga untuk meneruskan pekerjaan mereka dalam pemanfaatan potensi alam berupa kayu seperti jasa lingkungan, eko wisata, perikaan, kerajinan serta memfasilitasi keterbatasan dari pemerintah daerah.

Baca Juga: FKKM Riau: Sulit Ajak Jaga Hutan, Sementara Perut Masyarakat Kosong

"Itu semua agar bisa mendorong dan meningkatkan perekonomian masyarakat yang berada di lima landscape ekosistem yang ada di Riau," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, Ervin Rizaldi mendukung rapat besar yang dilakukan dari fasilitator Yayasan Belantara ini. Sebab menurutnya, kegiatan yang dilakukan oleh FKKM itu memiliki kesamaan.

"Yang pasti Pemprov Riau menanggapi positif kegiatan ini. Melalui FKKM ini kita banyak berbuat untuk kepentingan masyarakat. Tujuan kita juga sama dengan mereka," jelasnya.

"Kita harap FKKM ini dapat menjadi wadah gabungan dari NGO lingkungan yang sama-sama dapat memajukan program serta pencapaian program," harapnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id