Aktual, Independen dan Terpercaya


Entaskan Kemiskinan, Masjid Raya Ini Terapkan ATM Beras

ATM-Beras-masjid-raya.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masjid Raya Paripurna Raudhatus Sholihin berencana akan menerapkan program ATM Beras untuk upaya membantu umat Islam di Pekanbaru yang nasibnya kurang beruntung.

Ketua Masjid H Arbamis, mengungkapkan ATM Beras ini merupakan ATM Beras pertama yang ada di Riau dan dalam waktu dekat akan segera diresmikan oleh Ustadz Abdul Somad.

Adapun syarat untuk mengambil beras ini, lanjut Arbamis, setiap penerima bantuan beras harus melaksanakan salat Maghrib dan Subuh dahulu di masjid Raya ini.

"Setelah salat berjamaah, baru kita perbolehkan menggunakan ATM ini dengan ATM Card yang sudah kita bagikan," ujar Arbamis, Kamis, 4 Oktober 2018.

Sejauh ini, menurut Arbamis, pengurus sudah menetapkan penerima kartu ATM sebanyak 41 yang berada di dua RW sekitaran masjid Raya ini.

"Ada 41, yang mendapatkan kartu ATM ini adalah mereka yang penghasilannya di bawah UMR, masih menyewa rumah, dan memiliki usia yang tidak produktif, serta alasan lainnya," jelasnya.

Baca Juga: UAS Berduka, Tabligh Akbar di Bukit Barisan Terpaksa Diundur

ATM yang bermuatan 240 liter ini sendiri dikirim langsung dari Bandung yang sudah terlebih dahulu menerapkannya.

"Kita berharap semua masjid di Riau bisa menerapkan hal ini, karena inilah inovasi untuk berbagi kepada mereka yang kurang beruntung," tuturnya.

Terkait jumlah dan intensitas beras yang akan dibagikan, Arbamis mengaku hal tersebut masih dalam pembahasan guna menyesuaikan dengan jumlah masyarakat yang berhak menerimanya.

"Angka ini juga kita perkirakan akan bertambah, jadi itu masih kita bahas, kita juga berencana untuk berbagi dengan yang non-muslim," tambahnya.

Terakhir, Arbamis menuturkan untuk operasional ATM ini sendiri didapat dari BAZNAS dan IZI Provinsi Riau.

"Kita menghimbau agar pemerintah dan masyarakat yang hidupnya lebih beruntung untuk bisa berbagi dalam program ini," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id