Aktual, Independen dan Terpercaya


Berkah Hujan, Karhutla di Pelalawan Bisa Padam

KARHUTLA-PELALAWAN.jpg
(ISTIMEWA)

 


RIAUONLINE, PANGKALAN KERINCI - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Pelalawan yang terjadi dua pekan terakhir mulai bisa teratasi.

Titik Karhutla satu persatu berhasil dipadamkan personil tim gabungan.

Satu diantaranya yakni Karhutla di Kelurahan Teluk Meranti Kecamatan Teluk Meranti yang terparah dan berlangsung lama sudah padam serta tidak menimbulkan asap lagi.

Sedikitnya 21 hektar lahan gambut yang ditumbuhi semak belukar dan kelapa sawit milik masyarakat serta koperasi Tandan Harapan hangus dilalap api.

"Hujan juga sangat membantu pemadaman dan pendinginan yang dilakukan tim di lapangan," beber Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio, kepada tribunpelalawan.com, Rabu 3 Oktober 2018

Dijelaskannya, sedangkan Karhutla di Desa Kesuma Kecamatan Pangkalan Kuras hampir tuntas.

Saat ini proses pendinginan sedang dilakukan oleh personil gabungan dari BPBD, Satpol PP dan Damkar, Polres Pelalawan, polsek, TNI, Regdam Disbun, Manggala Agni, serta perusahaan terdekat.

Di Desa Kesuma, sedikitnya 10 hektar lahan kosong milik masyarakat yang sebagian ditanami sawit gosong.

Personil tim gabungan terkendala ketersediaan air di lokasi Karhutla.

Untung saja hujan deras turun mengguyur areal terbakar yang sangat membantu pendinginan.

"Semua personil masih di lokasi. Mudah-mudahan segera bisa tuntas. Sekarang sedang pendinginan untuk memastikan api sudah padam di bawah," tambahnya.(****)