2 Hari Bermalam di Palu, Menteri Susi Ceritakan Ini di Riau

Menteri-Susi-di-Riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti menceritakan pengalaman berharganya kepada masyarakat Riau saat dirinya berkesempatan bermalam selama dua hari di lokasi bencana gempa bumi di Palu, Sulawesi Tengah.

Menteri Susi mengaku menyaksikan langsung dampak terburuk yang ditimbulkan gempa dan tsunami di Palu, bukanlah yang pertama kali. Rentetan bencana gempa bumi yang mengakibatkan bencana tsunami lainnya di Indonesia juga telah ia sambangi.

"Selama dua hari saya berada di Palu dimana saya juga telah sampai dari Pangandaran yang juga terkena tsunami di tahun 2006. Jadi saya tahu pasti apa yang dirasakan oleh saudara kita di Palu," katanya di Taman Ahsantum Al-Ihsan Boarding School (IBS) Riau, Rabu, 3 Oktober 2018.

Baca Juga: Makan 2 Ton Ikan Bersama Santri Riau, Menteri Susi: Tenggelamkan

Menurutnya, kondisi saat dirinya berada di Palu dan Donggala porak-poranda. Kapal sudah tidak lagi berada di laut, hancurnya tempat tinggal warga sampai banyaknya mayat yang ditemukan menjadi pemandangan saat itu.

"Saya melihat kerusakan yang luar biasa di sepanjang pantai Palu, Donggala. Semuanya tersapu habis. Kapal dari laut dan tengkurap bahkan menyeberangi jalan. Setiap hari Basarnas dan BNPB menemukan ratusan jenazah dari saudara-saudara kita," tambahnya.

Ketika itu dirinya baru sampai dari Amerika Serikat, Susi langsung mendapatkan kabar duka itu. Tanpa menunggu waktu lama, dirinya langsung berangkat menuju lokasi bencana gempa berkekuatan magnitudo sebesar 7,4 itu.

Klik Juga: Tak Hadir Dalam 60 Menit, UAS 'Ultimatum' Menteri Susi, Kita Tenggelamkan

"Kemarin Sabtu (29 September 2018) saya landing dari New York nginap semalam. Dan subuh jam 6 pagi saya sudah dialihkan take off ke Palu dan landing jam 13.00 WIB. Di sana saya meluangkan waktu karena bagaimanapun juga saudara kita membutuhkan uluran tangan dan bantuan," tambahnya.

"Saya memohon kepada bapak dan ibu semua untuk dapat menyempatkan diri mengirimkan doa kepada saudara kita agar amal ibadahnya diterima. Sementara keluarga yang ditinggal mendapat ketabahan dalam menjalani cobaan," harapnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id