Di Tengah Pemadaman, Petugas Santap Ubi Matang Alami di Pelalawan

Tim-gabungan-santap-ubi-kayu.jpg
(ISTIMEWA)


RIAU ONLINE, PELALAWAN - Tim gabungan masih melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kelurahan Teluk Meranti, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan.

Sudah hampir sepekan, tim gabungan berjibaku memadamkan api yang melalap 21 hektar lahan yang merupakan semak belukar, tanaman sawit milik masyarakat, dan kebun sawit milik Koperasi Tandan Harapan. Hingga kini, pemadaman dan pendinginan masih di lakukan di areal gambut untuk meminimalisir asap menyelimuti Pelalawan.

Namun ada yang menarik di sela-sela pemadaman yang dilakukan tim gabungan. Di tengah upaya menjinakkan si jago merah, para petugas sempat menikmati ubi kayu saat Jumat, 28 September 2018 siang. Petugas bahkan tidak perlu mengolahnya agar bisa disantap, sebab ubi kayu sudah matang oleh karhutla.

"Kami di sana makan ubi kemarin. Disela-sela kebun sawit yang terbakr banyak pohon ubi kayu," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio, kepada tribunpelalawan.com, Senin (1/10/2018).

Petugas menemukan ubi kayu saat melakukan pendinginan dengan menyemprotkan air ke lahan. Petugas mencabut ubi kayu dengan batang dan daun yang sudah nyaris gosong di areal gambut itu.

Saat dicabut, ternyata ubi itu sudah gosong pada kulitnya. Daging atau umbinya telah masak dan siap untuk disantap. Seluruh petugas akhirnya memanen ubi yang sudah matang secara alami itu saat sudah waktunya santap siang.

"Jadi sensasinya berbeda. Pegang selang, ada ubi kayu dan cabut langsung duduk makan ubi," cerita Hadi Penandio sambil tertawa. (****)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id