Bansos 2017, Mahasiswa Didesak Lengkapi Berkas

Kepala-Biro-Kesejahteraan-Rakyat-Kesra-Provinsi-Riau-Masrul-Kasmi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Riau, Masrul Kasmi mengharapkan agar seluruh mahasiswa yang terdaftar dalam Bantuan Sosial (Bansos) untuk masyarakat yang tidak mampu tahun 2017 dapat segera melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan.

Untuk saat ini, para mahasiswa yang sudah melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan itu ternyata belum mencapai 50 persen.

"Kita harapkan berkas-berkas yang kita minta baik itu yang telah lengkap ataupun masih ada yang kurang agar segera dikirimkan. Biar segera kita transfer," katanya, Senin, 1 Oktober 2018.

Masrul menyebutkan untuk mahasiswa strata 1, sebayak 3.659 orang belum memberikan dan melengkapi berkas. Sedangkan pada tingkatan D3, dari total 240 penerima yang berhak, baru 131 berkas yang berproses. Artinya, masih ada sekitar 109 atau setara dengan 55 persen berkas yang baru berproses.

Padahal, para mahasiswa yang didominasi oleh mahasiswa dari Universitas Lancang Kuning (Unilak) sempat menggelar aksi unjuk rasa untuk menuntut kehadiran Bansos tersebut pada, Kamis 5 April 2018.

Masrul menambahkan bahwa belum masuknya berkas-berkas yang mereka butuhkan karena ketatnya sistem yang diterapkan.

"Ini tidak disalurkan bukan karena anggaran. Tetapi proses pencairannya. Mereka itu kan membuat permohonan. Nah, permohonan itu yang diverifikasi oleh tim," jelasnya.

"Seperti salah satunya adalah keabsahaan mereka. Pada saat mengusulkan, barang kali mereka sudah tamat. Kemudian rekening bank yang dilakukan langsung oleh tim ferivikasi. Kalau sudah ada yang beres, maka kita antarkan ke Badan Pengelola Keuangan dengan sistem transfer dari Bank Riau Kepri," jelasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id