Aktual, Independen dan Terpercaya


Wisuda Ditunda, Calon Wisudawan: Keluarga Sudah Pesan Tiket Pesawat

Wisuda-ditunda.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/SIGIT EKA YUANDA)


LAPORAN: SIGIT EKA YUANDA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wisuda Universitas Riau yang sedianya dilaksanakan pada 2-3 Oktober 2018 harus diundur mengingat adanya permasalah terkait SK. Pasalnya, beberapa Senat Universitas yang sudah habis masa SK-nya dan belum diterbitkan oleh Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Pemberitahuan pembatalan wisuda ini sendiri disampaikan melalui surat Pemberitahuan yang diedarkan tanggal 26 September 2018 atau hanya sepekan menjelang hari yang sudah ditentukan.

Hal ini menimbulkan kekecewaan pada calon wisudawan/wisudawati karena banyak orangtua dan keluarga yang sudah bersiap untuk hadir pada tanggal semula yaitu 2-3 Oktober 2018.

"Tentu kecewa karena pembatalan ini. Terlalu mendadak informasinyaa. Ada sebagian kawan-kawan yang orangtua dan keluarganya sudah pesan tiket untuk pemberangkatan ke Pekanbaru, sudah mengurus izin untuk cuti. Tapi malah ada pembatalan wisuda," ujar Febriza salah seorang mahasiswa asal Kepulauan Riau.

Namun demikian, calon wisudawan melalui BEM UNRI tetap melakukan mediasi kepada pihak universitas dengan harapan wisuda akan tetap dilaksanakan pada tanggal yang ditentukan sehingga tidak menimbulkan kekecewaan.

Terkait dengan SK Senat yang belum diterbitkan pihak BEM UNRI mengira bahwa posisi senat bisa dihadiri oleh Senat yang masih berlaku SK-nya saja.

Menanggapi hal tersebut Biro Akademis dan Kemahasiwaan (BAK) Universitas Riau melalui Kepala Biro Azhar Kasimi, mengaminkan bahwa proses wisuda bisa saja tetap dilaksanakan dengan 32 orang Senat Universitas yang masih memiliki SK aktif. Meski demikian beliau tetap tidak bisa membuat kebijakan mengingat hal tersebut bukan kewenangannya.

Hingga berita ini diterbitkan kepastian jadwal wisuda belum dipastikan karena masih dibicarakan ulang, padahal hari ini merupakan hari operasional kampus terakhir sebelum libur akhir pekan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id