Tampung Aspirasi, SUA Bentuk Rumah Aspirasi

Politisi-senior-Said-Usman-Abdullah-SUA.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Politisi senior Said Usman Abdullah (SUA) nampaknya begitu memahami karakter masyarakat Kota Pekanbaru yang beranekaragam dan membutuhkan pendekatan khusus.

Politisi sekaligus tokoh masyarakat Pekanbaru ini mengatakan, untuk politisi yang ingin bertarung dalam Pileg seharusnya bisa memfasilitasi masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya.

Sebab, menurut SUA, seorang legislator memang harus selalu mendengarkan aspirasi dan keluhan dari masyarakatnya karena itulah peran legislatif yang merupakan perwakilan dari masyarakat.

"Komunikasi yang baik antara pemilih dan politisi merupakan pondasi awal dalam mengetahui persoalan dilapangan," kata SUA, Rabu, 19 September 2018.

Hanya saja, lanjut mantan anggota DPRD Pekanbaru tiga periode ini, ruang untuk mendengar aspirasi tersebut memerlukan tempat, dan politisi memang harus memfasilitasi tempat kepada masyarakatnya demi kelancaran komunikasi.

"Tidak semua masyarakat paham dimana aspirasi mereka dapat disuarakan terutama di tahun politik ini, sebagai tokoh masyarakat, saya kira rumah aspirasi yang bersifat lokal dan dekat dengan publik perlu dikedepankan," jelasnya.

"Karakter masyarakat kan berbeda, mungkin kelompok milennial mungkin lebih suka menyampaikan unek-unek di media sosial. Tapi generasi diatasnya, sangat mungkin lebih merasa nyaman dengan komunikasi tatap muka," sambungnya.

SUA sendiri sudah meresmikan rumah aspirasi di kawasan Sail, Kota Pekanbaru. Rumah aspirasi yang berbentuk kedai kopi (cafe) ini diharapkan dapat berperan sebagai koridor komunikasi yang mumpuni. Seperti diketahui kedai kopi belakangan ini marak di Pekanbaru.

"Ada rumah aspirasi yang diresmikan, dan itu bentuknya kedai kopi. Budaya kaum urban kan ngopi itu merupakan hal yang lumrah. Tapi pesan yang ditekankan itu adalah ruang-ruang sosial seperti warung kopi dapat memberikan imbas hasil positif yang menguntungkan. Filosofinya, ruang-ruang komunikasi jika dikelola dengan baik dapat menimbulkan keuntungan yang bersifat membangun," tutup Ketua MKA LAM Pekanbaru ini.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id