Aktual, Independen dan Terpercaya


Kapolri: Polisi dan TNI Tak Boleh Selfie dengan Peserta Pemilu 2019

Kapolri-TIto.jpg
RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA
Kapolri Tito Karnavian usai melaksanakan pertemuan di Brimob Polda Riau Jalan Teratai, Selasa, 30 Agustus 2016


RIAU ONLINE - Polri dan TNI melakukan langkah-langkah guna menjamin netralitas jajarannya dalam gelaran Pileg 2019 dan Pilpres 2019.

Usai melakukan safari ke semua wilayah di Indonesia bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan bahwa Polri dan TNI menekankan sistem satu komando.

"Komando TNI berada di Pak Panglima, komando Polri adalah pada Kapolri secara nasional. Kami berdua safari ke seluruh wilayah-wilayah menekankan ini sekaligus memberikan warning, di antaranya Pak Panglima mengeluarkan banyak sekali surat edaran, dari Polri juga ada surat edaran apa yang boleh sampai detail sekali yang tidak boleh," ucap Tito usai menggelar apel gelar pasukan "Mantap Brata 2018 di Lapangan Monas, seperti dilansir dari Suara.com, jaringan RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 18 September 2018.

Tito menegaskan bahwa aparat Polri dan prajurit TNI tidak boleh berkampanye hingga berselfie bersama para peserta Pileg maupun Pilpres 2019. Dirinya menyebut akan ada sanksi tegas bagi para anggota yang melanggar.

"Contohnya berselfie, sampai tidak boleh ikut dalam kampanye, kecuali mengamankan. Dan kalau ada kami berikan tindakan, sanksi-sanksi juga sudah ada. Mulai sanksi teguran, sampai yang terberat yakni pemecatan. Saya sudah jelas sekali," tambahnya.

Sementara, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menambahkan jika satu komando tersebut harus ditaati para prajurit yang ada dilapangan. Akan ada konsekwensi bagi para prajurit yang melanggar aturan tersebut.

"Apabila melanggar tentunya ada tindakan yang diberikan oleh dinas. Sehingga yakinlah bahwa sinergitas TNI dan Polri itu akan terjaga. Dan kita memberikan contoh semuanya," tutur Hadi.

Hadi juga mengimbau masyarakat untuk turut mengawasi prajurit TNI yang berada di lapangan. Jika ditemui bentuk pelanggaran, lanjut Hadi, masyarakat diimbau untuk melapor kepada humas Puspen TNI.

"Pasti akan kita tanggapi langsung dan tindak. Itu adalah pernyataan tegas dari Panglima TNI," tandas Hadi.

Berita ini sudah tayang di Suara.com, dengan judul Catat! Polisi dan Tentara Dilarang Selfie dengan Peserta Pemilu

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id