Aktual, Independen dan Terpercaya


Dewan Riau Ingin Blok Rokan Dipecah untuk 4 Wilayah Ini

Asri-Auzar.jpg
(Hasbulah Tanjung)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Komisi IV DPRD Riau yang membidangi Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta Menteri ESDM Ignasius Jonan agar tidak menandatangani penyerahan blok Rokan sebelum dilakukan pemecahan.

Disampaikan anggota komisi IV Asri Auzar, pemecahan ini dilakukan agar blok Rokan tersebut bisa dirasakan manfaatnya oleh tiap-tiap daerah di blok Rokan.

"Blok Rokan itu meliputi empat kabupaten di Riau, yaitu Kampar, Bengkalis, Dumai, Rokan Hilir. Biarkan dikelola sama BUMD-nya," ungkap ketua DPD Demokrat Riau ini, Rabu, 25 Juli 2018.

Pemberlakuan sistem pemecahan ini, kata Asri, juga bisa membantu keuangan daerah dari adanya kebijakan dimana ada Partisipating Interesting (PI) sebesar 10 persen untuk setiap daerah.

"Hingga hari ini Riau masih miskin, pembagiannya tidak jelas dari pusat. Riau sudah capek dibodoh-bodohi, pusat jangan sekehendak hatinya saja," tegas Asri.

Asri meyakini blok Rokan ini bisa dikelola dengan maksimal oleh Riau sendiri dengan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada.

"Kita kan sudah otonomi daerah, kita akan kumpulkan seluruh pemuka masyarakat dalam waktu dekat, besok kita langsung hearing dengan Dinas ESDM membahas ini," tuturnya.

Lebih lanjut, Asri menyayangkan lemahnya upaya Pemprov dalam merebut blok Rokan tersebut. Untuk itu, dirinya akan berjuang bersama mahasiswa dan juga tokoh masyarakat Riau.

"Pemprov tidak aktif, jadi kita wakil rakyat yang akan bergerak," tutupnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id