Aktual, Independen dan Terpercaya


Sejumlah Mega Proyek di Riau Capai Target, Dewan Merasa Belum Puas

Ilustrasi-Flyover2.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Komisi IV DPRD membidangi infrastruktur terus mewanti-wanti kepada Dinas PU agar segera melakukan percepatan terhadap sejumlah proyek besar di kota Pekanbaru.

"Ada dana sekitar 700 milyar untuk pembangunan di kota Pekanbaru, seperti Fly Over Ska, Fly Over Arengka, Mapolda Riau, Kejati Riau dan Masjid Raya yang akan segera dibangun, itu semua satu tahun mata anggaran,"ungkap Anggota Komisi IV DPRD Riau, Asri Auzar kepada RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 20 Juli 2018.

Dikatakan Asri, sejumlah proyek besar tersebut sangat vital bagi masyarakat Riau, khususnya kota Pekanbaru dan akan sangat berefek apabila proyek tersebut mangkrak.

"Masyarakat sangat menantikan itu, kalau mangkrak misalnya Flyover itu, kemacetan akan terjadi bertahun-tahun karena kita tidak mungkin menganggarkan tahun 2019, butuh waktu dua tahun untuk itu,"kata ketua DPD Demokrat Riau ini.

Mengenai laporan pengerjaan yang disampaikan oleh Dinas PU saat hearing bersama DPRD Riau, Asri mengaku sama sekali belum puas karena persentase yang sudah dikerjakan belum mencapai 50 persen mengingat waktu yang tinggal 4-5 bulan lagi.

"Misalnya jembatan Siak, berdasarkan laporan mereka baru 36 persen. Padahal mereka sudah bekerja sejak 18 bulan yang lalu. Berarti ada 63 persen lagi dalam waktu hingga Desember nanti,"tambahnya.

"Kalau sudah selesai baru kita puas, makanya kita desak PU agar mengawasi secara benar, support Manejemen Kontruksi (MK) nya, MK itu kan juga kita bayar. Begitu juga kontraktor, mereka kan sudah diberi 20 persen uang muka,"tutupnya.

Sementara itu, anggota komisi IV DPRD Riau lainnya Abdul Wahid mengatakan persentase pekerjaan yang disampaikan oleh Dinas PU terhadap sejumlah proyek besar tidak sesuai dengan waktu.

"Mereka itu menghitungnya darimana ? Ini hanya tinggal lima bulan lagi waktu pengerjaan, misalnya jembatan Siak IV, kalau berdasarkan waktu harusnya sudah mencapai 60 persen, tapi mereka hanya memasang target 39,12 persen,"ujarnya.

"Kalau fly over itu, harusnya sudah mencapai 25 persen, dan Mapolda 35 persen, begitu kalau berdasarkan hitungan waktu,"tutupnya

Adapun persentase pengerjaan proyek tersebut berdasarkan data Dinas PU sebagai berikut :

  1. Jembatan Siak IV, realisasi 36,90 dari proyeksi target 39,12.
  2. Fly over SKA, realisasi 24,25 persen dari proyeksi target 19,23 persen
  3. Fly over Arengka, Realisasi 18,30 persen dari proyeksi 16,13 persen.
  4. Mapolda : Realisasi 16 persen dari proyeksi target 14,42 persen.
  5. Kejati Riau : Realisasi 17,58 persen dari proyeksi target 15,58 persen.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id