Aktual, Independen dan Terpercaya


Sahabat Ombudsman Riau Bahas Deteksi Informasi Hoax di Media Sosial

sahabat-ombudsman.jpg
(ADRIADI AMRIL)

LAPORAN : ADRIADI AMRIL

RIAUONLINE, PEKANBARU - Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Riau menggelar diskusi Bincang Sahabat Ombudsman dengan tema Deteksi Informasi Hoax di Media Sosial, Kamis 19 Juli 2018, di kantor Ombudsman Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Sahabat Ombudsman merupakan jaringan kerja Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Riau yang ada di masyarakat. Perwakilan dari media massa, organisasi mahasiswa, Lembaga Swadaya Masyarakat, organisasi masyarakat, organisasi profesi, dan pondok pesantren.

Sahabat Ombudsman dibentuk di Pekanbaru 2 November 2017 setelah mengikuti Training of Trainer (ToT), dengan tujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi pelayanan publik dan membantu mencegah maladministrasi.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Riau Ahmad Fitri dalam sambutannya mengatakan, diskusi ini dilaksanakan untuk silaturahmi dan sekaligus halal bi halal karena ini pertemuan pertama setelah Idul Fitri 1439 H.

" Kita ingin Sahabat Ombudsman tetap eksis mengawal pelayanan publik dan untuk langkah awal ini bertemu silaturahmi sambil diskusi Bincang Sahabat Ombudsman dengan Tema Deteksi Informasi Hoax di Media Sosial" katanya.

Diskusi ini menghadirkan narasumber Eko Faizin jurnalis dari Riau Pos dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pekanbaru, yang juga Sahabat Ombudsman.

Eko Faizin memaparkan perkembangan informasi di media sosial seperti di facebook, twitter, Instagram dll yang menuntut masyarakat untuk lebih cerdas dalam menyaring informasi tersebut sebelum menyebarkannya.

" Berdasarkan data pengguna android tidak bisa lepas lebih dari 7 menit dari genggaman, jadi kemungkinan melihat berita dan informasi hoax lebih besar, untuk itu saring dulu sebelum sharing" harapnya.

Eko Faizin memberikan tips agar terhindar dari berita dan informasi hoax dengan mengecek media online tersebut seperti susunan redaksi, info tentang kami dan verifikasi dari dewan pers.

Diakhir diskusi, Ahmad Fitri yang didampingi Asisten Ombudsman Deni Rendra dan Dasuki Bantani berharap diskusi ini dapat berlanjut setiap bulan, dengan tujuan berbagi ilmu, narasumber dari internal Sahabat Ombudsman atau pihak lain.